Ponpes Al Ittihad Juara Umum Pospeda 2018

CIANJUR-Sebanyak 19 Santri Pondok Pesantren Al-Ittihad Rawabango Cianjur mewakili Kabupaten Cianjur, dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) VIII Jawa Barat, tahun 2018, yang diselenggarakan di Kabupaten Kuningan.

Para santri ikut serta bersama rombongan atlet perwakilan dari Kemenag dan Dispora Kabupaten Cianjur, juga 5 pembimbing dari Dewan Guru Al-Ittihad dan pembimbing dari sekolah-sekolah.

Pada ajang bergengsi itu, Kabupaten Cianjur menjadi juara umum pada Pospeda jabar tahun 2018, dengan perolehan medali 12 emas, 7 perak, dan 5 perunggu.

“Saya bangga anak-anak dari Ponpes Al-Ittihad menyumbangkan 4 emas, 2 perak dan 1 perunggu,” ujar Humas Ponpes Al-Ittihad Ustad Tirta.

Menurut Tirta, ini merupakan pencapaian prestasi yang luar biasa, dan patut diberikan apresiasi bagi para santri yang menjadi atlet dalam kegiatan tersebut.

“Ini juga jadi motivasi bagi santri-santri yang lain, baik di internal pesantren Al-Ittihad maupun pesantren lainnya,” ujarnya.

Pospeda sendiri resmi dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat Yudha M Saputra, Bupati Kuningan Acep Purnama, Rabu 25 September 2018.

“Pospeda menurut kami sangat hebat bermanfaat, hikmahnya sebagai arena silaturahim di antara kita, antar santri, antar Kiyai, dan para Pengurus Pondok Pesantren,” ungkap orang nomor dua di Jawa Barat yang akrab disapa Kang Uu.

Sportivitas kata Uu, menjadi penting. Apalagi tujuan kegiatan ini yakni silaturahim. Dengan silaturahim, akan mempersatukan hubungan emosianal. Sehingga olahraga yang menyehatkan, dapat pula menjadi ajang pemersatu bangsa.

Pospeda juga jadi ajang evaluasi, sejauh mana pembinaan kepada para santri sudah diberikan.

“Tahun yang akan datang, ingin lebih hebat, lebih meriah lagi, juga dari segi sarana dan prasarananya,” kata Uu.