Tekan Kematian Ibu Hamil, Puskesmas Sukanagalih Gelar Program Quick Wins

Puskesmas Sukanagalih gelar program Quick Wins di wilayah kerja yakni Desa Cibodas, Sukanagalih, dan Gadog.

CIPANAS – Puskesmas Sukanagalih gelar program Quick Wins di wilayah kerja yakni Desa Cibodas, Sukanagalih, dan Gadog. Program ini demi menekan angka kematian ibu hamil.

Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar menuturkan, kegiatan Quick Wins tersebut meliputi tes golongan darah, pemeriksaan kadar HB, pemberian PMT, dan tes darah apa ibu terjangkit HIV/aids ataukah tidak.

“Quick Wins merupakan program pelayanan darah untuk mencegah kematian ibu tersebut. Pelayanan darah yang aman dan berkualitas merupakan bagian yang tidak terpisahkan untuk menurunkan angka kematian ibu,” paparnya.

Dijelaskannya, kebijakan Quick Wins pelayanan darah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Diharapkan langkah ini untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, bersalin dan nifas, dan juga meningkatkan peran serta masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela.

“Dengan adanya program ini diharapkan kekurangan jumlah kantong darah dan jenis golongan darah langka dapat dipenuhi,” ujarnya didampingi Petugas Survailence Puskesmas Sukanagalih Reni Resmala Sari.

Diakuinya dalam program tersebut gratis, dan ibu hamil sendiri dikumpulkan disatu titik. Karena para tenaga medis dari puskesmas langsung mendatangi langsung ke masyarakat.

“Alhamdulillah ratusan ibu hamil berdatangan dari 3 desa wilayah kerja Puskesmas Sukanagalih,” ujarnya.

Menurutnya, program ini dilaksanakan per triwulan. Diharapkan ibu hamil bisa antusias dan mensukseskan program ini.

“Alhamdulilah pelaksanaan program tersebur lancar. Ini berkat peran kerjasama semua pihak. Kami pun merespon positif terhadap Pemdes Cibodas yang sudah membuat Perdes mengenai pertolongan persalinan harus di fasilitas kesehatan ini tentunya mendukung program penekan kematian ibu dan bayi,” tukasnya.

(cr5)