Hewan Reptil di Cipanas Bantu Korban Bencana Alam Palu-Donggala

Komunitas Pets Lovers Cipanas

CIANJUR – Komunitas Pets Lovers Cipanas (KPLC) galang dana untuk membantu korban bencana alam Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

Cara yang dilakukan pun cukup unik, KPLC menunjukan berbagai jenis hewan seperti ular, biayawak, kadal, dan jenis reptil lainnya di lapang brimob Cipanas kepada masyarakat.

“Ini salah satu bentuk kepedulian kami bagi korban Donggala, Palu yang waktu itu terkena bencana alam. Kami bersama rekan komunitas lainnya juga berinisiatif untuk menggalang dana dengan cara kami ini,” papar Ketua KPLC Vicky Ardiansyah, saat di wawancara di sela kegiatan, Minggu (7/10).

Komunitas yang berdiri sejak 2015 silam ini, biasanya hanya menggelar pertunjukan hewan reptil seperti biasa di setiap minggunya. Hanya menurut Vicky, tidak ada salahnya di minggu-minggu ini pihaknya sambil ada penggalangan dana.

“Iya, walaupun hasilnya berapa pun, tetap kami salurkan bareng dengan komunitas lainnya yang ada di Cipanas,” ujar dia.

Selain itu, Vicky juga menuturkan, anggotanya baru ada 55 orang, dan kebanyakan dari warga Cipanas yang sama-sama aktif dalam suatu hobi. Tidak ada batasan usia untuk bergabung di komunitas ini, asalkan isi formulir, pendaftarannya gratis tanpa biaya.

“Kalau ikut di komunitas ini, iya manfaatnya sih bisa banyak teman, bisa sedikit memberi pengetahuan tentang hewan reptil. Dan yang penting, bukan sekedar hobi saja, tetapi sama-sama mengembangkan potensi atau hal lain yang ada di Cipanas ini,” terangnya.

Vicky juga mengungkapkan, pemahaman masyarakat terhadap reptil sangat penting agar masyarakat mulai tahu, mengenal dan juga peduli terhadap reptil, agar tidak terjadi kepunahan akibat banyaknya hewan yang dibunuh

“Selain kita menggelar penggalangan dana, bisa sedikit mengangkat potensi Cipanas juga, dan sekaligus memberikan pemahaman, bahwa hewan reptil itu tidak semua berbahaya. Gimana kita menyikapinya, kalau bisa diurus dengan lemah lembut, insyaallah akan baik juga terhadap kita,” tandasnya.

(cr5)