Kok… Blanko E-KTP di Disdukcapil Kosong Terus

Ilustrasi

CIANJUR–Sekitar 57.000 Warga Cianjur harus bersabar menunggu pencetakan E-KTP. Pasalnya, persediaan blanko e-KTP di Cianjur hampir habis, sementara tambahan blanko sebanyak 2.000 pada pekan lalu dinilai masih kurang.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur, Muchsin Sidiq Elfatah mengatakan, jumlah pasokan memang masih jauh dari kata cukup. Apalagi, setiap harinya perekaman data terus berlangsung.

“Sebenarnya kami juga hampir kehabisan blanko. Pekan lalu tersisa 500 blanko, dan itu harus tetap dibagi ke empat kecamatan,” katanya Senin (8/10).

Meski pasokan blanko sudah ditambah, dinas masih kekurangan. Pasalnya, pelayanan e-KTP memang dikerahkan di sejumlah kecamatan, sehingga blanko yang ada harus disebar dan tidak bisa dipusatkan di kantor dinas saja.

“Akibatnya pelayanan jadi memakan waktu. Apalagi, blanko perlu disebar ke tujuh kecamatan yang melayani layanan administrasi. Terakhir kali, dinas harus menyalurkan blanko ke Kecamatan Karangtengah, Sukaluyu, Mande, dan Cikalongkulon. Sementara Kecamatan Cianjur kota, Pacet, Warungkondang, Campaka, Ciranjang, Sindangbarang, dan Sukanagara masih memiliki persediaan. Walaupun tetap masih kurang untuk memenuhi kebutuhan pencetakan kartu,” katanya.

Menurut Sidiq, pihaknya (Disdukcapil) kembali mengajukan penambahan blangko ke pemerintah pusat. Saat ini, ia telah mengirimkan petugas dinas untuk mengurus pengajuan tambahan blanko.

“Semoga bisa lebih cepat pengurusannya. Blanko bisa lebih banyak dan cepat dipasok ke daerah, karena Warga Cianjur masih sangat banyak yang membutuhkan e-KTP,” ucapnya.

(dil)