Layani Calo, Pegawai Disdukcapil Bakal Disanksi

Ilustrasi

CIANJUR – Para pegawai yang kedapatan mendukung praktik percaloan adminduk yang saat ini marak, akan mendapat saknsi tegas.

Plt Kepala Disdukcapil Cianjur Muchsin Sidiq Elfatah mengatakan, sejauh ini dinas dinilai sudah melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku dan beredarnya berita terkait percaloan adminduk jelas membuat pihak dinas harus mengambil sikap.

“Dinas juga punya sikap menghadapi persoalan ini, kami tahu mana hal yang harus on the track. Jika tidak sesuai, siapapun yang melanggar akan mendapatkan sanksi,” katanya, (5/11).

Sidiq membantah, jika dinas menjadi bagian dari tindakan praktik percaloan itu. Menurutnya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

“Saya sadar betul, jika potensi pungli akan selalu ada. Karena saya juga akui, untuk menghilangkan praktik calo itu sulit. Dengan dalih apapun, persoalan seperti itu sangat sulit untuk benar-benar dihilangkan,” katanya.

Menurut Sidiq, dinas tetap berupaya memerangi praktik percaloan atau pungli dengan memperbaiki sistem. Ia menyadari, dinas harus mempersempit celah percaloan dengan pelayanan adminduk yang dapat dikatakan berimbang dengan yang ditawarkan oleh jasa perantara.

”Kami kerahkan pelayanan melalui One Day Service (ODS), supaya masyarakat bisa langsung menikmati kebutuhan mereka hanya dalam sehari. Semuanya dilayani dengan cepat dan gratis,” katanya.

(dil)