Stunting Ancaman Masa Depan

KUNJUNGAN: Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Ekonomi Strategis, dalam acara kunjungan ke Kantor Radar Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh

CIANJUR- Kaum perempuan khususnya ibu-ibu perlu lebih perhatian terhadap tumbuh kembang anak. Usia anak sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun perlu diperhatikan dengan teliti. Tak menutup kemungkinan, apabila salah mengasuh maka sang buah hati bisa terkena stunting.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah dua tahun yang disebabkan kurang gizi kronis. Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Ekonomi Strategis, Brian Sriprahastuti mengatakan, bahaya stunting yaitu otak anak sulit berkembang dan tubuh sulit untuk tubuh.

Ada perbedaan mendasar antara stunting dan gizi buruk. Gizi buruk akan terjadi apabila berat badan bayi tak mengalami peningkatan yang signifikan. Sedangkan stunting berpengaruh kepada tumbuh kembang anak dalam hal tinggi badan.
”Memang agak mirip. Tapi kalau gizi buruk bisa berakibat kematian, sedangkan stunting tidak. Hanya berpengaruh terhadap pembentukan otak anak,” ujarnya saat melawat ke Kantor Radar Cianjur, Jalan KH Abdullah bin Nuh, kemarin.

Stunting, lanjutnya, mudah dicegah. Sanitasi dengan menjaga mengkonsumsi air bersih dan menjaga kebersihan jamban serta rutin mencuci tangan. Pola asuh juga perlu diperhatikan dengan pemberian ASI, makanan pendamping ASI dan imunisasi. ”Pola makan harus memenuhi unsur karbohidrat, protein, buah dan sayur,” tuturnya.

Untuk itu, hari ini, Kamis (08/11), pihaknya akan mengadakan sosialisasi kepada sejumlah kader posyandu yang ada di Kabupaten Cianjur bertempat di Gedung As-Sakinah, Jalan KH Abdullah bin Nuh. Tujuannya agar setiap kader posyandu mampu berjuang menjadi ujung tombak pencegahan stunting.

Sri menambahkan, Cianjur merupakan wilayah kabupaten pertama di Jawa Barat (Jabar) yang terpilih dari 13 kota/kabupaten yang ada di Jabar. ”Cianjur jadi tempat pertama di Jabar. Di seluruh Indonesia, ada 100 kota/kabupaten yang akan menyelenggarakan hal yang sama,” ungkapnya.

Kegiatan hari ini rencananya akan dihadiri Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman untuk membuka acara. Kepala Staf Presiden, Moeldoko serta Ibu Gubernur Jabar, Atalia Praratya juga akan melawat ke Kabupaten Cianjur. (yaz)