Bawaslu Soroti DPT Cianjur

BANYAK SAKAH: Bawaslu Kabupaten Cianjur sedang melaksanakan rapat koordinasi, membahas Daftar Pemilih Tetap. Foto: Fadilah Munajat/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Bawaslu Kabupaten Cianjur melakukan rapat koordinasi terkait penyempurnaan DPT yang akan dilaksanakan secara berjenjang oleh KPUD Cianjur, (8/11).

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur mengatakan, jumlah 1.665.729 DPT yang sudah ditetapkan pada 13 September diperkirakan akan berubah.

“Kami menerima data dari Bawaslu Jabar bahwa ada penyempurnaan kembali, Cianjur kebagian 380.721 yang harus diperbaiki,” katanya.

Hadi mengatakan, pihaknya langsung mengundang koordinator masing-masing kecamatan untuk langsung melakukan perbaikan di tingkat kecamatan sebelum DPT tersebut masuk ke tingkat kabupaten untuk diplenokan.

“Bawaslu Jabar mengendus ada data potensial pemilih yang belum terakomodir,” ujarnya.

Hadi mengatakan, kemungkinan besar saat penyempurnaan atau faktualisasi data ada yang baru masuk dan kemungkinan juga ada yang keluar.

“Data diterima lima hari ke belakang, saya berharap besok sudah diplenokan di masing-masing kecamatan,” kata Hadi.

Menurutnya, saat ini belum diketahui dari 32 kecamatan wilayah mana yang jumlah pemilihnya akan direvisi paling banyak. Namun, kata Hadi, penyempurnaan tersebut hampir merata dan harus diperbaiki di setiap kecamatan.

“Kemungkinan data yang masuk adalah mereka yang baru memasuki usia 17 tahun, lalu kemungkinan yang keluar adalah mereka yang ditemukan sudah meninggal dan belum terhapus dari daftar pemilih,” kata Hadi.

Menurut Hadi, perbaikan yang akan dilakukan Bawaslu terhadap daftar pemilih tetap ini adalah bentuk perhatian Bawaslu terhadap proses pemilu.

“Ada hak konstitusi warga yang harus diperhatikan dan diperjuangkan,” ujarnya.

Hadi mengatakan, masukan data baru yang harus disempurnakan oleh masing-masing koordinator di setiap kecamatan ditarget selesai pekan ini.

“Pekan depan masuk ke tingkat kabupaten dan datanya sudah faktual hasil revisi, jadi pleno di tingkat kabupaten nanti tidak banyak revisi lagi,” kata Hadi.

(radar cianjur/dil)