PAD Sektor Wisata Memble

WISATA: Jangari salah satu tempat wisata yanga ada di Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, mencatat tingkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata pada tahun 2018 ini tidak mencapai target.

Sekretaris Disparpora Kabupaten Cianjur Munajat membenarkan capaian PAD sektor wisata hingga akhir tahun 2018 ini hanya Rp6,4 miliar. Tidak tercapainya target tersebut karena titik destinasi wisata Cianjur berkurang.

“Sekarang Pemkab Cianjur hanya memiliki tiga destinasi wisata yaitu, Cikundul, Kebun Raya Cibodas dan Waduk Jangari,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sebelum diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, lima destinasi wisata cukup memberikan konstribusi menjanjikan. Dua diantaranya yaitu Pantai Jayanti dan Situs Gunung Padang. Selain itu, berhentinya aktifitas selama dua minggu jalur Cipanas-Puncak-Bogor, karena longsor di Puncak Pass Cipanas juga berpengaruh pada pendapatan sektor wisata.

“Di jalur Cipanas-Puncak Pass sempat terjadi longsor, dan itu mengakibatkan menurunnya tingkat wisata ke Cianjur,” ujarnya.

Untuk mendobrak pendapatan dari sektor wisata pada tahun 2019 nanti Pemkab Cianjur akan menambah objek destinasi wisata, seperti Kampung Wisata Pandanwangi dan Hutan Kota Cianjur.

“Semoga menambahnya destinasi objek wisata di Cianjur bisa meningkatkan tingkat kunjungan dan pendapatan daerah,” pungkasnya.

(dil)