TPA Pasirsembung Cemari Sungai

TERCEMAR: Sampah dari TPA pasir sembung masuk ke sungai.

RADARCIANJUR.com – Kondisi Tempat Pembungan Akhir (TPA) Pasirsembung Desa Sirnagalih Cilaku, sudah melebihi kapasitas dan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Bahkan sungai yang mengalir ke Kampung Cibinong Hilir sudah tercemar dari longsoran gunungan sampah yang sudah over kapasitas, setelah hujan deras satu pekan ini.

”Memang TPA ini sudah tidak layak dan sudah melebihi kapasitas, kalau hujan deras maka timbunan sampah longsor masuk parit dan sungai, padahal airnya masih digunakan warga sekitaran Desa Sirnagalih Cilaku,” kata Ketua Karang Taruna BTN Pasirsembung,

Zamzam kepada Radar Cianjur, kemarin. Menurutnya, warga Pasirsembung ingin cepat melihat tanggapan dan tindakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, terkait permasalahan TPA saat ini.

”Kalau dibiarkan akan ada ratusan warga yang masih memanfaatan air sungai untuk MCK, dan ini akan sangat berbahaya dan menimbulkan penyakit,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai warga BTN Pasirsembung berharap hal ini segera mungkin bisa ditangani Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. Sebab ini bukan masalah sepele dan harus ditanggapi serius. Sementara, Ketua RW 11 BTN Pasirsembung, Wawan berharap permasalahan TPA akan selesai apabila ada tindakan serius dari Pemkab Cianjur melalui dinas terkait. Begitupun permasalahan longsoran sampah yang sudah ke sungai. Karena tidak ada sekat penahan.

”Jadi soal sampah yang longsor ke sungai harus ada tindakan segera takut sungai jadi tercemar,” ungkapnya. Bahkan warga pun sudah geram dengan perihal permasalahan segudang tumpukan sampah TPA Pasirsembung yang hingga kini belum juga ada solusinya.

(mat)