Ada Penambahan 13 Ribu Pemilih

Komisi Pemilihan Umum

RADARCIANJUR.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku rekomendasi dari Bawaslu akan dijadikan catatan khusus. Namun rekomendasi itu tak bisa dijadikan referensi menunda pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT Hasil Perbaikan Tahap Kedua.

“Alasan rekomendasi penudanaan karena belum sesuainya data penghitungan pemilih secara manual dengan Sidalih. Bagi kami ini bukan persoalan yang prinsip karena kaitannya dengan sistem,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi.

Menurutnya, KPU Kabupaten Cianjur pada prinsipnya hanya melaksanakan titah dari KPU RI. Artinya, rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT HP Tahap Kedua akan dilaksanakan sesuai agenda.

Ia menambahkan, rekapitulasi di tingkat PPS dan PPK bersama Panwascam dan PPL tidak ada masalah. Data yang diterima berjenjang dari bawah.

“Ketika di bawah tak ada masalah, apalagi di tingkat atas. Penundaan pleno bisa dilakukan jika terdapat perbedaaan data angka antara Bawaslu dan KPU. Sejauh ini tak ada data atau angka berbeda. Jadi kami akan lanjutkan,” tuturnya.

Jumlah DPT Hasil Perbaikan Tahap Kedua di Kabupaten Cianjur berdasarkan rekapitulasi di tingkat PPK sebanyak 1.668.744 pemilih terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 847.812 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 820.932 pemilih. Pemilih itu tersebar di 6.874 TPS di 360 desa dan kelurahan.

“Ada penambahan sebanyak lebih kurang 13 ribuan pemilih selama sekitar satu bulan saat dilakukannya GMHP (Gerakan Melindungi Hak Pilih),” papar Hilman.

Awalnya data pemilih rekomendasi KPU RI dan Bawaslu RI yang dikategorikan DP4 non-DPT di Kabupaten Cianjur sebanyak 380 ribuan lebih. Setelah dilakukan penyaringan dengan cara menyandingkan data dari Disdukcapil, hanya terdapat 65 ribuan pemilih yang terverfikasi non-DPT.

“Data yang 65 ribuan pemilih itu kemudian kami sebarkan ke PPK dan PPS untuk dilakukan metode pencocokan dan penelitian terbatas. Hasil verifikasi di lapangan, terdapat penambahan sekitar 13 ribuan pemilih,” tandasnya.

(cak/*/yaz)