Jalur Longsor Normal Kembali

Longsor di Naringgul Cianjur Selatan

RADARCIANJUR.com – Setelah dua hari digeber evakuasi pengerjaan tumpukan matarial longsoran tanah, Jalan Nasional antara Jalan Naringgul-Cidaun akhirnya bisa dibuka kembali.

Selasa (13/11/2018), para pengendara kini boleh melintas. Namun, kewaspadaan tetap dijaga, agar tidak terjadi kecelakaan, tepatnya KM 232 plus 400, di Kampung Cigarogol RT1/1, Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul,Cianjur Selatan.

Kapolsek Naringgul melalui salah satu anggotanya, Kanit Reskrim Ipda Agus Pramono mengatakan, kini para penguna jalan juga pengendara bisa melintas, setelah sebelumnya lumpuh total tidak terhalang longsoran.

Tim PUPR Provinsi Jawa Barat telah menurunkan empat alat berat (armada) dan bekerja siang malam.

“Memang makan waktu cukup lama, pasalnya kondisi material longsor ketebalan mencapai lima meter dan panjang mencapai 50 meter. Kini sudah bersih dan sudah bisa dilintasi mobil dan motor, bahkan sampai terlihat antrian panjang melintasi saat jalan sudah dibuka,” katanya.

Polsek Naringgul menyebutkan, adanya material longsoran yang menumpuk mencapai 50 meter yang menghalangi jalan Nasional, antara jalur Kecamatan Naringgul-Cidaun, Cianjur Selatan saat ini sudah bisa kebuka dan akses lalu lintas (lalin) ramai lancar terpantau.

Ipda Agus menambahkan, jalur sementara sistem buka tutup. Jadi belum sepenuhnya dibuka, karena pihak PUPR masih membersihkan sisa-sisa material longsoran masih tertinggal di atas tebing. Melihat intensitas curah hujan di lokasi longsoran masih tinggi.

“Nah, jadi kami menghimbau kepada para penguna jalan untuk bertujuan Bandung atau Kecamatan Naringgul, saat melintasi jalur longsoran berharap waspada dan hati-hati. Karena melihat kondisi jalan licin dan masih ada sisa longsoran tertinggal,” pungkasnya.

(radar cianjur/mat)