Mubes Ajarkan Siswa Berdemokrasi

SEMANGAT: Puluhan siswa SMA Al-Irsyad Boarding School terlihat antusias saat mengikuti kegiatan Mubes.

RADARCIANJUR.com– Boarding School (IABS) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) siswa. Kegiatan Mubes tersebut diikuti oleh perwakilan siswa dari setiap kelas, dewan guru, dan kepala sekolah.

Ketua OSIS SMA IABS, Rendy Irawan mengatakan, pada acara Mubes membahas perubahan AD/ART dan Garis Besar Haluan OSIS (GBHO) serta pemilihan calon ketua OSIS yang baru. kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap pergantian kepengurusan.

“Rutin setiap tahunnya dipaparkan tentang laporan pertanggungjawaban OSIS yang lama pada acara Mubes,” ujarnya.

Senada diucapkan Ketua panitia Mubes SMA IABS, Siti Saebah menerangkan, kegiatan Mubes tahun ini berjalan sukses dan tanpa ada hambatan.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Tadi kita sudah membahas AD/ART dan GBHO dan memilih kandidat calon ketua OSIS periode berikutnya,” tutur Saebah.

Mubes kali ini menghasilkan tiga kandidat ketua OSIS yang sudah diseleksi melalui proses musyawarah, mereka adalah Siti Maesaroh, Muhammad Jamaludin Abdullah, dan Encep Maulana.

“Ketiga calon ini dipilih dari hasil musyawarah, awalnya ada 10 kandidat, namun diseleksi menjadi tiga orang dan dipilih tiga terbaik dari mereka. Yaitu Maesaroh, Jamal dan Wulan. Mereka akan dipilih pada proses pemilihan umum nanti,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMA IABS, Asep Gugun Gunawan menyatakan, kegiatan Mubes ini merupakan pelajaran berdemokrasi bagi para siswa. Siswa juga terlihat antusias dalam mengikuti proses Mubes.

“Alhamdulillah, ini memang satu moment buat pembelajaran, karena dengan adanya Mubes ini akan dikelompokkan di beberapa komisi. Minimal mereka punya gambaran terkait musyawarah dan demokrasi. Yang awalnya mereka tidak tahu apa itu AD/ART jadi bisa mempelajarinya,” pungkasnya.

(dan)