Angkot Dilarang Pasang APK Caleg

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur akan segeraa menertibkan alat peraga kampanye yang banyak terpasang di angkutan umum (angkot)

Kepala Bidang (Kabid) angkutan umum, Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur Ronggo mengatakan, selama ini pihaknya tak pernah menerima permohonan izin dari pengelola angkutan umum, terkait pemasangan atribut kampanye.

“Dalam waktu dekat kami akan segera menertibkan alat peraga kampanye yang terpasang di angkutan umum,” katanya, kemarin.

Menurutnya, terkait penertiban alat peraga kampaye pihaknya harus terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Bawaslu, KPU dan Satpol PP.

“Meski angkutan umum adalah wewenang Dishub, namun untuk menenertibkannya alat peraga kampaye harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” katanya.

Ia menjelaskan, meski angkutan umum adalah milik perorangan atau pribadi, namun angkutan umum menjadi fasilitas publik dan dipergunakan oleh orang banyak

“Alat Peraga Kampanye tidak boleh di pasang di fasilitas publik maka dari itu di angkutan umum tak boleh dipasang alat peraga kampanye,”jelasnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur pernah mengatakan, untuk pemasangan alat peraga kampanye di angkutan umum meski tidak diatur secara jelas di PKPU, namun jika mengacu pada pasal 31 poin 2 huruf G yang menyatakan alat kampanye dipasang di sarana publik.

Berarti pemasangan alat peraga dalam angkutan umum itu tidak boleh.

“Nanti hari Senin kami akan melakukan pertemuna dengan Dishub untuk merumuskan sekema penertiban alat peraga kampaye yang terpasang di angkutan umum,”pungkasnya.

(dil)