Cegah Abrasi, 4000 Cemara Laut Ditanam

KONSERVASI: Dinas Kelautan, Perikanan dan Perternakan (Dislutkanak) Kabupaten Cianjur melakukan konservasi di sepanjang pantai selatan Cianjur dengan menanam 4000 pohon vegetasi yaitu Cemara Laut.

RADARCIANJUR.com – Dalam mencegah abrasi pantai, Dinas Kelautan, Perikanan dan Perternakan (Dislutkanak) Kabupaten Cianjur melakukan konservasi dengan menanam pohon vegetasi, yaitu cemara laut di Pantai Sereg dan Pantai Apra.

Dengan dilakukan vegetasi ini, setidaknya mampu meminimalisir abrasi serta kerusakan terparah dari bencana tsunami.

“Kegiatan menanam pohon vegetasi ini bertujuan untuk meminimalisir dampak dari abrasi dan juga tsunami,” ujar Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Perternakan Kabupaten Cianjur, Parwinia melalui Kasi Pemberdayaan dan Kelembagaan Nelayan, Suwanto.

Sebelum dilakukan penanaman, Dislutkanak Kabupaten Cianjur memberikan sosialisasi mengenai wawasan Mina Bahari kepada anggora Pramuka Saka Bahari yang turut dihadiri oleh UPTD wilayah Cianjur Selatan, Koramil, Polsek, Muspika dan juga masyarakat sekitar.

Sebanyak 4000 pohon cemara laut ditanam di dua pantai yang dilakukan selama tiga hari.

“Alhamdulillah sambutan dari masyarakat sangat baik dengan program vegatasi ini, sehingga nantinya bisa dijaga dan dirawat,” harapnya.

(kim)