Tiga Mata Air Sumur Bersih di Kampung Cageundang Butuh Pembangunan

BUTUH BANTUAN: Para petani sudah mulai menanam padi, setelah memasuki musim hujan. Namun sayangnya saat ini tidak ada bantuan untuk benih.

RADARCIANJUR.com – Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dicanangkan pemerintah sangat membantu masyarakat, terutama didaerah rawan kekeringan.

Ada tiga mata air bersih di Kampung Cageundang RW 4, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur. Mata air yang mengalir dari dasar perut bumi itu selalu dimanfaatkan warga untuk mencuci, mandi keperluan lainnya. Hal tersebut sangat menunjang, sehingga tidak perlu lagi ada pembangunan sumur bor, hanya membutuhkan sarana untuk sumur tersebut.

Agus Iwan (40) salah satu tokoh pemuda setempat membenarkan, keberadaan sumur di lingkungannya sangat fital. Sumber air yang jernih harus ditunjang dengan sarana. Supaya warga bisa lebih nyaman.

“Kalau warga berharap ada bantuan bangun MCK, dan pembangunanya total permanen. Karena, mata air bersih sudah ada hanya tinggal keperluan pembangunan fisik saja dan disalurkan ke sejumlah rumah warga,” katanya.

Masih kata Agus, Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) harus mencari donatur. Baik itu melalui pemerintah daerah, maupun para donatur. “Kami harap pemerintah mau membangun sara MCK untuk kebutuhan warga,” harapnya.

Eeng (35) pemuda lainnya memaparkan, tiga mata air tersebut posisinya berada di tengah sungai. Namun, tidak pernah kotor dan bau. Bahkan selalu subur tidak pernah kekeringan, karena mata air selalu keluar dari perut bumi.

“Saat ini hanya perlu atau dambakan bantuan saja untuk dibangun pembangunan fisiknya, kalau airnya sudah ada tidak usah ada pembangunan bor lagi. Justru kalau ada kucuran bantuan anggaran lebih irit, pasti akan terpakai berkelanjutan,” ujarnya diamini, Ricky (36) dan, Ilham (20) dua warga setempat lainnya.

(mat)