Baraya Eka Sastra Berangkatkan 1.000 Siswa Cianjur ke Taiwan

Baraya Eka Sastra Beri Beasiswa Pendidikan, Berangkatkan 1.000 Siswa Cianjur ke Taiwan

RADARCIANJUR.com – Baraya Eka Sastra (BES) Cianjur membuktikan bahwa dunia pendidikan itu penting. Tergerak dan peduli dengan pendidikan, BES memberikan beasiswa kepada sejumlah pelajar berprestasi dari Cianjur untuk kuliah di Chien Hsin University, Taiwan.

Total kuota beasiswa yang tersedia hingga 30 November sebanyak 1.000 pelajar dan terbagi menjadi tiga gelombang. Ketua BES Cianjur, Firman Mulyadi mengatakan, gelombang pertama sudah diberangkatkan tiga bulan lalu dengan total 100 pelajar. Semua biaya ditanggung BES mulai dari beasiswa hingga akomodasi.

Gelombang kedua sebanyak 440 pelajar diberangkatkan untuk menimba ilmu di perguruan tinggi ternama di Taiwan itu. Sedangkan gelombang terakhir, BES akan memberangkatkan 460 pelajar asal Kabupaten Cianjur.

“Sejarahnya, tahun kemarin Pak Eka Sastra mengadakan studi banding bersama 10 Kepala Desa ke Taiwan. Selain studi banding, Bang Eka juga melakukan komunikasi lanjutan bersama pihak Chien Hsin University. Kabar gembiranya, setiap tahun Pak Eka dipercaya untuk memberikan kuota 1.000 beasiswa bagi pelajar berprestasi di Kabupaten Cianjur. Ini kabar gembira bagi dunia pendidikan di Kabupaten Cianjur,” ujarnya kepada Radar Cianjur, Rabu (21/11) kemarin.

Lulusan Fakultas Hukum yang akrab disapa Kang Firman ini menerangkan, selama beberapa hari kemarin, ia bersama Eka Sastra melakukan kunjungan kembali ke Taiwan untuk memastikan kondisi para pelajar yang sudah diberangkatkan menimba ilmu ke Taiwan.

Fantastisnya, lanjut dia para pelajar yang rata rata berusia 20 tahun itu, tidak hanya mendapatkan fasilitas beasiswa saja. Banyak dari para pelajar Cianjur yang sudah tiga bulan kuliah di sana, bekerja paruh waktu di perusahaan manufacturing.

“Ibaratnya sambil menyelam, minum air. Itu perumpaan yang cocok. Karena ketika kunjungan kami kesana, para pelajar disana mayoritas sambil kerja part time (paruh waktu,red). Gajinya fantastis kalau mau dibandingkan dengan di Indonesia. Bisa mencapai 15 juta sebulan. Ini kabar yang menggembirakan, ternyata mereka selain menimba ilmu, mumpuni untuk mandiri hidup. Kami sempat sharing dengan para pelajar yang bekerja sambil kuliah, mereka sampai bisa kirim sebagian dari penghasilannya ke Cianjur,” ujarnya.

Disinggung terkait fasilitas pelajar Cianjur yang mendapatkan beasiswa, Firman menegaskan, para pelajar sangat puas terhadap fasilitas yang disediakan pihak kampus. Pasalnya, mulai dari asrama, infrastruktur, gedung olahraga hingga katering bertaraf internasional. Tak tanggung tanggung, menurut Firman, Pak Eka Sastra sampai berdiskusi dengan kepala katering di Chien Hsin untuk menyediakan makanan cita rasa Indonesia.

“Ketika kunjungan kemarin, kepala koki yang mengurus katering di sana menjelaskan, ia tengah tur keliling beberapa restoran Indonesia di Taiwan, untuk menselaraskan rasa bagi makanan para pelajar Indonesia yang kuliah di Chien Hsin. Artinya, kami cukup serius untuk membantu para pelajar dari Cianjur sampai memastikan fasilitas terbaik bagi mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandi Septian, salah satu mahasiswa Chien Hsin University Fakultas Electro menjelaskan, ia bersama rekan rekannya mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya atas beasiswa yang dibantu fasilitasi oleh Pak Eka Sastra.

Menurutnya, awalnya ia sempat tidak percaya oleh publikasi media sosial Eka Sastra yang menjelaskan ada 1.000 beasiswa bagi pelajar berprestasi, namun setelah dinyatakan lulus ujian dan berangkat ke Taiwan, ia benar benar bersyukur karena mimpinya sudah jadi kenyataan.

“Awalnya tidak percaya. Karena saya ini memiliki profesi sampingan sebagai supir truk pasir, namun setelah lulus dan sampai di Taiwan, kami sangat berterima kasih. Terlebih, Pak Eka fasilitasi total mulai dari administrasi hingga akomodasi,” tuturnya.

(rzy)