UKM Cianjur Naik Kelas

PROGRAM: Para peserta mengikuti launching ABCGM, dalam upaya meningkatkan usaha UKM Cianjur. FOTO: DADAN SUHERMAN/RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan kualitas usaha para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Cianjur, Academia, Business, Comunity, Government, Media (ABCGM) menggelar launching program UKM Naik Kelas, di Pusat Layanan Usaha Terpadu (Plut), Rabu (21/11).

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur Himam Haris mengatakan, dalam upaya sinergitas Academia, Business, Comunity, Government, Media (ABCGM) bersama beberapa unsur terkait, yang salah satunya adalah Diskoperindag, ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas serta menaikan kelas bagi para pelaku usaha di Cianjur.

“Program ABCGM ini sebetulnya sudah terbentuk sejak dua bulan yang lalu, dan dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Barat di Bandung,” kata Himam, usai mengikuti launching UKM Naik Kelas, Rabu (21/11).

Diungkapkannya, baru ada empat wilayah di Jabar ini yang secara resmi terbentuk ABCGM. Yaitu, Kabupaten Cianjur, Kota Sukabumi, Karawang, dan Bandung.

“Diharapkan dengan adanya ABCGM ini, bisa meningkatkan kapasitas para pelaku UKM dan grade nya itu naik kelas,” ujarnya.

Himam menambahkan, lebih dari 200 UKM yang terdaftar di ABCGM ini, hanya saja yang lulus seleksi administrasi, berjumlah 120 pelaku UKM.

“Tahap awal ini, kami akan kawal dan bimbing sebanyak 52 UKM dulu, agar bisa lebih memiliki kemampuan, daya saing, permodalan, serta saling bersinergi antara UMKM satu, dan lainnya,” tukasnya.

Ketua ABCGM Kabupaten Cianjur Dewi Ramadhan, yang diwakili Sekretaris Sinergitas ABCGM Kabupaten Cianjur Abdul Rosyid menuturkan, ada 5 indikator atau parameter UMK ini naik kelas. Yakni, pola pikir kewirausahaan, kapabilitas organisasi, faktor lingkungan, strategi inovasi, kinerja bisnis.

“Jadi para pelaku ini harus yakin untuk mengelola usahanya sendiri. Diharapkan ketika yang lima indikator ini sudah terlewati bagus dan berhasil, ini menunjukkan UKM tersebut naik kelas,” jelasnya.

(dan)