Sosialisasikan Program JKN-KIS Lewat Wayang Golek

MERIAH: BPJS Kesehatan saat mensosialisasikan beragam program lewat pertunjukan wayang golek, yang digelar di Lapang Prawatasari Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Masyarakat Jawa Barat pasti sudah tidak asing dengan kesenian tradisional wayang golek. Peran para dalang yang memandu pertunjukan seni ini patut diapresiasi karena selain harus mengemasnya supaya menarik dan menghibur, informasi-informasi yang bermanfaat bagi masyarakat juga harus tersampaikan.

Seperti pada kegiatan Sosialisasi JKN-KIS bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dilaksanakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) bersama BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi di Kabupaten Cianjur.

Salah satu agenda kegiatan penyampaian informasi seputar Program JKN-KIS ini dilakukan melalui pertunjukan wayang golek yang dipandu oleh Ki Dalang Wisnu Sunarya dari Putu Giri Harja Bandung di lapang Prawatasari Kabupaten Cianjur.

Saat memandu wayang golek Wisnu menyampaikan, pentingnya Program JKN-KIS kepada masyarakat Cianjur yang menyaksikan, serta mengingatkan pula tentang semangat gotong royong untuk kebaikan dan kepentingan bersama, yang menjadi saripati program ini.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi C Falah Rakhmatiana menyampaikan, kegiatan ini adalah salah satu wujud semangat gotong royong antara BPJS Kesehatan serta instansi terkait dalam hal ini Kominfo RI untuk menyukseskan Program JKN-KIS.

“Corong informasi JKN-KIS kepada masyarakat tak hanya dari BPJS kesehatan karena juga telah aktif digaungkan oleh instansi lainnya, sehinga diharapkan semakin banyak masyarakat yang terpapar informasi serta bertambahnya masyarakat yang mendaftar menjadi peserta JKN-KIS” ujar Falah.

Wakil Bupati Kabupaten Cianjur, Herman Suherman dalam sambutannya mengingatkan masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS untuk segera mendaftar.

“Dengan menjadi peserta JKN-KIS tidak usah khawatir lagi mengenai biaya pelayanan kesehatan saat diperlukan untuk berobat,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan sosialisasi yang dimulai dari pagi dan puncaknya malam hari pertunjukan seni tersebut memang menarik bagi mereka. Mereka pun mengapresiasi informasi yang mereka dapatkan dari pertunjukan wayang golek, seperti yang dirasakan oleh Dedi, salah satu warga Sawahgede Kabupaten Cianjur.

“Kegiatannya bagus sekali, informasi seputar Program JKN-KIS juga dapat saya peroleh secara menarik dan menghibur” ungkap Dedi.

(ars)