Warga Cibodas Punya Bak Penampungan Air Bersih

Pembuatan bak penampungan air bersih dan pipanisasi di Kampung Selaawi Desa Cibodas Kecamatan Pacet akhirnya rampung.

RADARCIANJUR.com – Pembuatan bak penampungan air bersih dan pipanisasi di Kampung Selaawi Desa Cibodas Kecamatan Pacet akhirnya rampung. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari program keserasian sosial yang digagas oleh Kemensos bekerjasama dengan salah satu Anggota DPR RI Komisi VIII, dan juga warga.

Ketua Forum Keserasian Sosial “Selaawi Jinawi” Desa Cibodas Ade Kusmawardi menjelaskan, selesainya pembangunan bak penampungan air dan pipanisasi ini, ditandai dengan peresmian tugu keserasian sosial, sekaligus pembukaan sarasehan keserasian sosial tematik 2.

“Alhamdulillah pekerjaan fisik bak penampungan air dan pipanisasi bisa selesai, tentunya ini berkat kerjasama yang baik dari masyarakat dan semua pihak. Bak penampungan air itu dimanfaatkan untuk sekitar 1000 orang warga di Kampung Selaawi Desa Cibodas,” paparnya.

Dijelaskannya, pembuatan bak penampungan air bersih ini sebagai bentuk upaya program pencegahan konflik sosial. Menurut Ade, pembentukan kampung keserasian sosial ini sangat disambut dengan baik. Lantaran, ini bisa mengoptimalkan kekuatan sosial di masyarakat, hingga menyelesaikan permasalahan sosial.

“Saya sangat merespon baik program pemerintah tersebut, karena bisa menggali potensi daerah hingga mengatasi masalah,” paparnya.

Diakui Ade, sebelum ada bak penampungan air bersih ini, permasalahan yang terjadi di Kampung Selaawi, yakni pemanfaatan air bersih. Karena selama ini ketika tanggul jebol berpotensi tidak adanya air bersih ke masyarakat baik untuk pertanian maupun kebutuhan sehari – hari.

“Melalui forum keserasian sosial inilah pembahasan, hingga solusi ditemukan. Sehingga masyarakat diharapkan bisa menggunakan air bersih,” tukasnya.

(dan)