Waspada Ancaman Badai Siklon Tropis

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Sekitar 20 rumah di sejumlah lokasi di Kabupaten Sukabumi, tersapu angin. Informasi yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, kebencanaan tersebut akibat Badai Siklon Tropis yang berdampak pada terjadinya cuaca ekstrem.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman mengatakan, sedikitnya ada tiga desa di Kecamatan Nagrak yang terdampak angin kencang pada Rabu (21/11).

”Mayoritas rumah tersapu angin, pemicunya badai siklon tropis memicu hujan dibarengi angin kencang. Ada 20 rumah yang tersapu angin dan mengalami kerusakan ringan dan sedang,” kata Eka.

”Hujan deras juga memicu terjadinya longsor dan petir. Ada rumah warga yang terkena sambaran petir. Untuk korban jiwa, sejauh ini belum ada laporan,” ujarnya.

Sementara itu, data sementara BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, kerusakan akibat badai terjadi di tiga desa yakni Nagrak Utara, Cihanjawar dan Darmareja.

Di Desa Nagrak Utara, enam unit rumah rusak dan di Desa Cihanjawar sebelas unit rumah terdampak. Sedangkan di Desa Darmareja, dua rumah rusak meliputi satu rumah tertimpa pohon tumbang dan satu tersambar petir.

”Rumah rusak yang terdampak bencana angin beliung ini mayoritas bagian atapnya,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Maman Suherma.

Selain itu, lanjutnya, ada juga sejumlah pohon yang tumbang akibat tiupan angin kencang tersebut. Malah di antaranya ada satu pohon tumbang ke salah satu rumah warga. ”Hari ini ada tim kami yang sedang mengidentifikasi dan memverifikasi ke lokasi untuk pendataan,” ujarnya.

”Bantuan berupa material akan disalurkan sesuai hasil verifikasi,” sambungnya. Seperti yang dicatat BMKG, siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar.

Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C. Angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

(kps/dtk/els/run)