DAM Apresiasi Sineas Muda Jawa Barat Melalui Kompetisi Film Pendek

Pemutaran 10 video terbaik di ajang Final 2nd Honda Genuine Parts (HGP) One Minute Creative Video Competition, Sabtu (24/11).

RADARCIANJUR.com – Seiring dengan berkembangnya sineas muda terhadap minat dan bakat dalam menyalurkan bakatnya di dunia perfilman, PT. Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat kembali menggelar 2nd Honda Genuine Parts (HGP) One Minute Creative Video Competition – Be Genuine!.

Sebelumnya DAM telah memberikan pembekalan kepada seluruh peserta mengenai cara membuat video dengan ide cerita yang menarik dan kreatif dalam acara “HGP Creative Video Workshop – be Genuine!” di Bandung pada 20 Oktober 2018 lalu.

General Manager Parts Sales, Marketing & Logistic DAM, Ferdy Sukmawidjaja mengatakan berbeda dengan HGP Creative Video Competition tahun-tahun sebelumnya, kompetisi tahun ini mengusung tema “One Minute Creative Video” yang lebih mengedepankan sisi produk spare part dan pelumas asli Honda yang dikemas dalam ide cerita yang lebih kreatif dalam waktu 1 menit.

Pengumpulan video-video terbaik dari para sineas muda berlangsung sepanjang bulan Oktober hingga November 2018 dan telah dinilai oleh tim juri. Selain juri internal DAM, Rangga Kusmalendra selaku Director of Cerahati & Angin Segar ditunjuk menjadi salah satu juri di kompetisi tahun ini. Kriteria penilaian pembuatan video terdiri dari kreativitas, story flow, kualitas video dan kesesuaian dengan tema atau content yang menjadi requirement dalam kompetisi ini.

“Sebanyak 47 peserta yang memenuhi kualifikasi, mulai dari yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, komunitas dan juga masyarakat umum telah mengumpulkan karya-karya video terbaiknya. Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah bagi anak muda di Jawa Barat untuk menunjukkan kreativitas mereka dan menjadi ajang untuk aktualisasi diri. Harapan kami, acara ini dapat melahirkan para sineas muda yang kreatif dan berbakat,” ujar Ferdy.

Sebanyak 20 video terbaik dipilih dan diputar di Final 2nd HGP One Minute Creative Video Competition yang berlangsung hari Sabtu 24 November 2018 di Festival Citylink, Bandung. Final ini juga menjadi momen penentuan pemenang 2nd HGP One Minute Creative Video Competition – be Genuine! tahun ini.

Untuk memeriahkan dan memberikan wadah bagi para kreatif anak muda lainnya, DAM juga mengadakan HGP Indonesian Superhero Costume Competition dimana terdapat 12 finalis terpilih yang melakukan fashion show pada hari yang bersamaan dengan Final 2nd HGP One Minute Creative Video Competition.

Pada akhirnya, 2nd HGP One Minute Creative Video Competition 2018 dimenangkan oleh para sineas muda dari komunitas Sinematografi Sukamandi dengan Judul Film adalah Honda Kesayanganku dan AHM Oil. Nur Prasetyo dari Sinematografi Sukamandi mengungkapkan kompetisi ini sangat bagus untuk mengasah kemampuan para sineas muda agar semakin kreatif sehingga dapat membuat video yang berkualitas. Untuk itu, kami berterima kasih kepada PT Daya Adicipta Motora yang sudah memberikan wadah bagi kami pada kompetisi ini,” ujar Nur Prasetyo.

Pemenang untuk 2nd HGP Creative One Minute Video Competition :
1. Nur Prasetyo – Sinematografi Sukamandi – Judul Film : Honda Kesayanganku dan AHM Oil
2. Reisa Rahmadani – Mahar Studio – Judul Film : Pesan Untuk Orang Tua
3. Iqbal Muttaqin – Rolltime Videography – Judul Film : Sayang Kamu Terus

Juara Favorit :
Muhammad Encep Alamsyah – Komunitas Gago Indonesia – Judul Film : Merajut Asa

(sal/*)