Jelang Akhir Tahun Harga Sembako Melambung

PEDAGANG: Salah satu pedagang sembako dan sayur mayur di Pasar Cipanas saat melayani konsumen.

RADARCIANJUR.com – Harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di wilayah Cipanas menjelang akhir tahun 2018 di prakirakan akan melambung. Namun saat ini beberapa harga komoditi seperti daging dan sayur mayur masih belum ada peningkatan yang signifikan.

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) UPTD Pasar Cipanas, Suganda mengatakan, bahwa secara umum harga sembako menjelang akhir tahun saat ini masih relatif stabil. Tetapi kemungkinan akan naik seminggu sebelum tahun baru.

“Biasanya mendekati tahun baru harga daging-dagingan naik. Seperti daging ayam broiler, dan ayam kampung. Termasuk telur, sayur mayur, dan cabe,” kata dia.

Berbeda saat menjelang hari raya, menurut Suganda, pada akhir tahun, atau menjelang tahun baru ini, kenaikan harga pun tidak terlalu besar dan lama. Hanya beberapa persen saja.

“Paling hingga akhir tahun saja naiknya. Itupun ketika beres awal tahun, harga akan kembali normal,” ucapnya.

Selain itu, dikatakannya, beberapa komoditi cabe-cabean sedang mengalami penurunan harga. Seperti cabe merah, dari semula Rp30 ribu, sekarang turun menjadi Rp25 ribu. Cabe hijau dari Rp25 ribu, sekarang menjadi Rp20 ribu. Begitupun cabe kriting, dari Rp30 ribu, sekarang menjadi Rp24 ribu.

“Harga cabe-cabean ini mungkin sedang bersiap untuk naik. Sekarang saja sedang turun, kalau akhir tahun nanti biasanya melambung lagi,” kata Suganda.

Ditambahkannya, beberapa faktor adanya kenaikan harga sayur mayur. Mulai dari operasional, hingga tingkat kerugian akibat cuaca yang tidak tentu atau pancaroba, juga intensitas pembeli yang cukup meningkat.

“Faktor inilah yang bisa menjadi harga naik. Bukan karena permainan para pedagang. Lantaran pedagang tersebut kalau banyak yang beli suka menyebutkan hal yang serupa dengan pedagang lainnya,” pungkasnya.

(dan)