Dishub Tindak Angkot Pelanggar Trayek

TERTIBKAN: Sejumlah petugas Dishub dan Polsek Pacet menertibkan Angkot Cisarua-Bogor yang melanggar trayek.

RADARCIANJUR.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur bersama Kepolisian Sektor Pacet tertibkan jalur perhubungan angkutan kota (Angkot) Cisarua-Bogor di pertigaan Jalan Hanjawar Cipanas, Senin (3/12) kemarin.

Pantauan di lapangan, Dinas perhubungan mengamankan delapan Angkot Cisarua-Bogor dengan melakukan pendataan dan imbauan kepada oknum pengemudi angkutan kota tersebut.

“Ini mungkin kali pertama kami melakukan penertiban Angkot Cisarua-Bogor yang melanggar trayek memasuki wilayah Cianjur. Kami bekerjasama dengan Polsek Pacet mengimbau dan mendata Angkot yang menyalahi aturan tersebut,” kata Kepala Seksi Dal Ops Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Yogi Wildan Nugraha saat diwawancarai disela-sela penertiban.

Menurut Yogi, Kedepan, jika memang para Angkot tersebut tetap menjalankan trayeknya ke wilayah Cianjur, akan ditindak tegas.

“Sesuai peraturan Undang-Undang tahun 2009 mengenai trayek angkutan umum. Bahwa yang melintas di wilayah lain, itu melanggar,” tegas Yogi.

Dikatakan Yogi, tindakan yang akan dilakukan selanjutnya ketika ada pelanggaran kembali adalah tilang. Apalagi jika surat-surat kendaraan tersebut menyalahi, bahkan tidak tersedia. Pihaknya akan lebih tegas lagi untuk mengamankan kendaraan tersebut.

“Dari supir angkot sendiri memang menyadari, bahwa mereka menyalahi aturan. Tetapi mereka beralasan bahwa faktor kesempatan, ketika jalur puncak sedang siaga, mereka curi-curi trayek hingga ke Cianjur,” paparnya.

Yogi berharap, dengan adanya imbauan dan penertiban, para pengemudi Angkot Cisarua-Bogor tidak lagi menyalahi aturan trayek yang berlaku.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Bogor. Ini kan baru imbauan, nanti kedepan kalau masih menyalahi aturan, kami akan lebih tegas lagi menertibkan bersama Dishub Kabupaten Bogor,” pungkasnya.

(dan)