APK di Angkot Dibersihkan

LANGGAR ATURAN: Bawaslu Kabupaten Cianjur sedang menertibkan APK jenis onewey yang terpasang di angkutan umum.

RADARCIANJUR.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di angkutan umum, (04/12). Penertiban tersebut melibatkan Petugas Dinas Perhubungan.

Ketua Bawalu Kabupaten Cianjur Usep Agus Zawari mengatakan, penertiban ini dilakukan karena secara undang-undang lalu lintas dan undang-undang Pemilu pemasangan Apk jenis oneway dilarang dipasang diangkutan umum.

“Pemasangan Apk jenis onewey diangkutan umum ini termasuk katagori yang tidak diperbolehkan, jadi pada intinya setiap yang tidak diperbolehkan ini kita tertibkan,” katanya.

Menurutnya, penertiban APK jenis onewey yang terpasang diangkutan umum dilakukan secara serentak di tiga titik yang berbeda, yaitu Terminal Pasirhayam, Terminal Rawabango dan Pasar Ramayana.

“Target kami semua angkutan umum bersih dari APK jenis onewey,” katanya.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ini Bawaslu Kabupaten Cianjur juga akan menertibakan APK yang terpasang di pohon dan jalan protokol.

“Untuk APK yang terpasang di pohon saat ini sedang dilakukan indentifikasi oleh Panwas Kecamatan, setelah itu baru kita akan melakukan penertiban,” katanya.

Seorang sopir angkot Jajang Feri (37) mengatakan, APK jenis onewey yang terpasang di kendaraanya adalah permintaan calon anggota legislatif.

“Untuk pemasangan APK ini, pemelik mobil dibayar oleh Caleg sebesar Rp150 ribu,” katanya.

Jajang mengaku, ia tidak mengetahui jika memasang APK jenis onewey di angkutan umum tak diperbolehkan Bawaslu dan ia baru mengetahui hal tersebut setelah adanya penertiban.

“Baru tahu hari ini, saya kaget tadi pas disetop, dikira ada razia angkutan umum,” kata Jajang.

(dil)