Alat Peraga Kampanye Masih Berkeliaran

NGEYEL: Di salah satu angkot masih terdapat Alat Peraga Kampanye (APK) yang terdapat pada bagian kaca belakang.

RADARCIANJUR.COM – Alat Peraga Kampanye (APK) pada tempat umum seperti terdapat pada angkutan kota (Angkot) dilarang untuk dipasang. Bahkan pada hari Selasa (4/12), telah dilakukan pembersihan APK yang terdapat di angkot.

Pembersihan itu dilakukan di tiga titik yaitu Terminal Pasirhayam, Terminal Rawabango dan Pasar Ramayana berkerjasama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur.

“APK di tempat umum tidak boleh dipasang, salah satunya di angkot,” ujar Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur.

Peserta pemilu yang masih tetap ngeyel memasang, lanjut Hadi, tidak mendapatkan sanksi apapun dan hanya berupa penertiban saja. Dengan ini peserta pemilu begitu leluasanya masih tetap menempelkan APK pada kendaraan umum.

“Terhadap caleg tidak ada sanksinya, sanksinya hanya penertiban saja,” terangnya.

Kendati demikian, Bawaslu Kabupaten Cianjur akan terus gencar melakukan penertiban hingga peserta pemilu merasa jera. Dirinya mengarahkan, lebih bermanfaat jika dana APK yang harus terbuang sia-sia dialihkan ke hal yang bermanfaat, seperti membagikan kalender atau pamflet.

“Akan lebih bermanfaat jika peserta pemilu dialihkan ke arah yang tidak mubazir seperti membagikan kalender serta pamflet dan itu tidak melanggar,” ungkapnya. (kim)