Asiknya Main Hammock Sambil Berkemah di Petak 84 TNGGP Gekbrong

Bicara wisata alam di Cianjur nampaknya tak ada habisnya. salahsatu tempat yang kini sedang ramai diperbincangkan adalah Petak 84 Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Gekbrong. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk bermain Hammock sambil berkemah. Pengunjungnya pun mulai berdatangan dari luar Kota Cianjur.

Di tempat ini, kalian bisa merasakan kesejukan udara yang masih alami masih bisa kalian rasakan. Pasalnya, tempat yang masih alami ini dikelilingi dengan pepohononan yang besar.

“Kami berharap peran aktif warga dalam mengembangkan kawasan petak 84 di Desa Gekbrong, menjadi kawasan wisata alam. Hal pertama yang kami lakukan adalah mengembangkan kawasan wisata berbasis masyarakat,” kata Kabid Pengelolaan TNGGP) Wilayah I Cianjur,Ir V Diah Qurani Kristina.

Diah mengatakan, mulai dari perencanaan pariwisata sampai bergotong royong membersihkan kawasan selalu melibatkan masyarakat. Ia menilai selama ini masyarakat yang bergerak di awal dan selalu berperan aktif.

“Desa Gekbrong ini merupakan penyangga kawasan Taman Nasional, di kawasan ini kami upayakan pertanian organik, penggunaan pupuk organik, dan pemanfaatan penangkapan area air dengan menggunakan biopori, kami menggandeng beberapa perusahaan untuk mengembangkan kawasan ini agar lebih dikenal luas masyarakat,” katanya.

Diah mengatakan di petak 84 yang peminatnya banyak, nantinya akan dikembangkan wisata yang mirip dengan kawasan wisata Pokland di Haurwangi. Di kawasan ini sudah terbentuk bumi perkemahan, dan tegakan Pinus untuk membuat Hammock atau ayunan.

Petak 84 mempunyai luas 4 hektare dengan tegakan Pinus yang membuat hawa pegunungan di kawasan ini sejuk dan dingin. Hanya beberapa menit saja dari Pasar Gekbrong, tak sulit untuk menemukan petak 84 yang kini mulai banyak digandrungi oleh warga. (may)