Pembangunan Harus Diimbangi Pengendalian

RADARCIANJUR.COM – Pembangunan di Kabupaten Cianjur saat ini begitu pesat, dari mulai pembangunan perumahan hingga insfrastruktur. Tentu pembangunan tersebut harus diimbangi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sehingga tidak mengakibatkan pencemaran dan perusakan lingkungan.

Dampak dari ketidak seimbangan antara lingkungan dan pembangunan dapat menjadikan bencana dari mulai banjir hingga longsor.

“Pembangunan itu harus seimbang dengan lingkungan, maka sebelum melakukan pembangunan haruslah melakukan kajian lingkungan dahulu,” ujar Kepala Seksi Inventarisasi Rencana Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kajian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Ade Bobon Sutrisman.

Kajian lingkungan tersebut meliputi dampak limbah dan pengolahannya, maka Dinas Lingkungan Hidup pun melakukan pengecekan terlebih dahulu dan nantinya dibuatkan mengenai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Selain itu, pihak pembangun pun harus merekomendasikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTS) dari RT dan RW untuk memastikan pembangunan berkelanjutan telah berintegrasi.(kim)