Waspada, Jalan Naringgul Retak

BERBAHAYA: Warga khususnya pengendara yang melintasi jalur Cidaun-Naringgu tepatnya di Kampung Cigaru RT04/RW05, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul wajib berhati-hati karena jalan mengalami retak. FOTO: FADILAH MUNAJAT/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.COM- Jalan nasional yang menghubungkan Kecamatan Cidaun-Naringgul ambles akibat pergerakan tanah pada Rabu (5/12/). Kedalaman mencapai 30 sentimeter dengan panjang 80 meter. Amblesnya jalan tersebut terjadi di kilometer 216+500 tepatnya di Kampung Cigaru RT04/RW05, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul. Selain jalan, pergerakan tanah tersebut juga mengakibatkan tiga rumah warga mengalami retak satu di antaranya hampir roboh.

Kepala Desa Wangunjaya, Ataz mengatakan, pergerakan tanah di daerah tersebut dipicu akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Dampaknya, pergerakan tanah merusak dua titik di jalan nasional. Kini, akibat dari kejadian tersebut sejumlah warga resah dan khawatir kediaman mereka akan terkena imbasnya. “Lalu ada rumah yang sudah terkena dampak dan kini bangunan rumahnya juga sudah mau ambruk. Malahan atap dapur belakang gentingnya sudah ambruk,” ujar Ataz siang ini.

Ia berharap, pihak PUPR Binamarga baik provinsi dan pusat untuk segera memperbaiki kerusakan jalan dan rumah yang ikut rusak. “Kalau tak segera diperbaiki akan berbahaya terutama para pengguna jalan yang akan melewati jalur Naringgul-Cidaun baik yang tujuan ke Bandung atau sebaliknya yang tujuan ke Cianjur Selatan. Belum lagi terkait rumah rumah warga yang sudah terkena dampak. Kami sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk segera melaporkan ke pihak BPBD,” ujarnya. (dil)