Tak Hanya Rusak Jalan, Pergerakan Tanah di Naringgul Rusak Tiga Rumah

Pergerakan Tanah di Naringgul

RADARCIANJUR.com – Pergerakan tanah terjadi di Kampung Cigaru RT4/RW5 Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul pada Kamis (6/12). Dampaknya, akses penghubung Kecamatan Cidaun dengan Kecamatan Naringgul mengalami retak pada bagian tengah badan jalan. Tak hanya itu, sedikitnya tiga rumah milik warga setempat mengalami rusak.

Jalan beraspal berstatus jalan nasional itu amblas hingga sedalam 30 sentimeter dengan panjang 80 meter di KM 216+500. Pergerakan tanah terjadi akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Cianjur Selatan selama sehari penuh sejak malam hari.

Kepala Desa Wangunjaya, Ataz mengatakan, pergerakan tanah membuat warga khawatir. Bahkan, salah satu rumah milik warga, Madun (45) mengalami kerusakan berat. “Khawatir warga lainnya juga terancam longsoran, jumlah keseluruhan ada tiga bagunan rumah milik warga terkena dampak,” kata dia kepada Radar Cianjur.

Atap dapur dan rumah bagian belakang gentingnya sudah ambruk sedangkan dua rumah lainnya rusak ringan. Ia berharap, pemkab Cianjur mampu turun tangan membant. “Semoga segera diperbaiki kembali,” harap Kades.

menurutnya, apabila jalan tak segera diperbaiki akan berbahaya terutama para pengguna jalan yang akan melewati jalur Naringgul-Cidaun baik yang tujuan ke Bandung atau sebaliknya. “Kami sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk segera melaporkan ke pihak BPBD,” ulasnya.

Untuk sementara, lanjutnya, warga yang sudah terkena dampak akan diungsikan dahulu dan yang masih terancam harap berjaga dan waspada.

Anggota BPBD Kabupaten Cianjur, Wahyu memaparkan, pihaknya sudah lakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama pihak Dinas PUPR Binamarga Provinsi dan pusat. “Kami mengimbau kepada warga yang terancam apabila hujan turun kembali, supaya untuk menjauh dari lokasi pergerakan tanah ditakutkan akan terjadi longsor susulan,” ungkapnya.

(mat/dil)