Desa Tertinggal Turun 30 Persen

RADARCIANJUR.COM – Kemajuan suatu desa di kabupaten merupakan salah satu suksesnya program pemerintah daerah dalam mengelola dan menata desa. Salah satunya Kabupaten Cianjur yang memiliki 354 desa di 32 kecamatan. Kini desa-desa di Cianjur mulai menunjukan peningkatan dalam kemajuan desa.

Data tersebut berdasar dari Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementrian Desa (Kemendes) mengenai Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 52 tahun 2018.

Kemajuan desa dinilai dari beberapa faktor, diantaranya wilayah, pemerintahan desa dan sosial. “Kemajuan desa dinilai dari beberapa faktor, seperti sejauh mana pemerintahan melalui lembada kemasyarakatannya, pengelolaan sumber daya manusia dan sarana prasarananya,” ujar Kepala Seksi Bina Otonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Asep Koswara.

Selain itu, wilayah yang ditonjolkan dengan menginovasi desa dengan melakukan pengembangan potensi yang ada di desa dan sosial yang lebih kepada indeks pembangunan manusia seperti pendidikan, akses, kesehatan dan ekonomi.
Asep menambahkan, jika semua aspek itu telah lengkap, maka dilakukan perbandingan dari tahun sebelumnya apa cepat berkembang atau lambat dalam berkembang. “Nantinya akan kita adakan pelatihan kembali bagi desa yang kurang berkembang,” tambahnya.
Pada tahun ini, sudah ada tiga desa yang menduduki peringkat desa mandiri, diantaranya yaitu Cimacan, Cipendawa dan Gadog dalam periode tiga tahun. Itu semua berdasarkan dari Indeks Desa Membangun (IDM) yang di dalamnya terdapat indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan.

Di sisi lain, desa yang sangat tertinggal pada tahun ini menurun sebanyak 30 persen. “Kalau tahun ini desa yang sangat tertinggal menurun, berbeda dari tiga tahun sebelumnya,” terangnya.(kim)

Tentang Desa yang Tertinggal Turun 30 Persen
//Desa Cianjur Lebih Maju
– Desa sangat tertinggal menurun hingga 30 persen
– Dari 15 desa sangat tertinggal, kini menjadi lima

//Desa Mandiri
– Cimacan, Cipendawa dan Gadog

//Faktor Kemajuan Desa
– Kembada kemasyarakatannya
– Pengelolaan sumber daya manusia
– Sarana prasarana
– Indeks pembangunan manusia seperti pendidikan, akses, kesehatan dan ekonomi.