Jalan Naringgul Retak Ditutup Sementara

Pergerakan Tanah di Naringgul

RADARCIANJUR.com – Jalan amblas di Kecamatan Naringgul tepatnya di Kampung Cigaru RT4/RW5 Desa Wangunjaya sudah bisa dilalui. Akses menuju Cidaun itu sudah bisa dilalui kendaraan dari dua arah.

Satuan Kerja (Satkar) Dinas PUPR Binamarga Provinsi dan Kabupaten Cianjur segera memperbaiki jalan yang retak akibat pergerakan tanah itu, kemarin.

Kapala Balai Besar PJN VI PPK V, Dr Ir Hari Suko Setiono mengatakan, sejumlah pekerja sedang memperbaiki jalan dengan mengunakan beton keras berkualitas baik, kuat, tahan lama, kedap air, tahan aus, dan kembang susutnya kecil, dengan rongga-,rongga antara butiran yang besar. “Kita gunakan agregat dan semen untuk menutupi jalan yang retak dan amblas,” katanya.

Kendata demikian, langkah yang dilakukan pihaknya merupakan langkah sementara. Ke depannya jalan yang ambles dan retak rencananya akan diperbaiki total. Namun, pihaknya akan melakukan investigasi dahulu melihat kondisi topografi dan geologinya.

Apakah akan direlokasi atau akan dilakukan pelebaran mengingat Binamarga provinsi sudah melakukan pembebasan lahan. Jalan yang amblas dan retak untuk sementara sudah diperbaiki dengan cara menutupnya dengan agregat dan semen. “Ya, supaya tidak membahayakan para pengguna jalan. Khawatir rawan akan longsor ada beberapa titik longsor terus kita perbaiki,” terang Hari.

Masih menurut Heri, menegani adanya rumah warga yang terkena dampak, pihaknya akan melakukan survei dulu ke lapangan dan berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Cianjur. Nantinya akan lakukan survei dulu apakah itu faktor bencana alam.

“Artinya, jadi kita belum bisa menyimpulkannya terkait rumah warga yang tetkena dampak,” pungkasnya.

(mat)