Perekonomian Cipanas Merosot

FOTO: dok RAMAI : kawasan di Jalan Raya Cipanas yang berada di wilayah Cianjur Utara.

RADARCIANJUR.COM – Pemberdayaan ekonomi wilayah Cipanas harus ditingkatkan. Pasalnya pasca kemunduran iklim cuaca yang saat ini terus terjadi. Khususnya di Cipanas beberapa bulan kebelakang tingkat perkonomian masyarakat sedikit berkurang.

Kasi Pemerintahaan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cipanas, Tantan menjelaskan, peningkatan perekonomian masyarakat harus digalakan terus. Karena, semenjak adanya kendala akses jalan beberapa bulan silam perekonomian Cipanas sedikit merosot.

“Cipanas ini ujung tombak perekonomiannya lebih menekankan terhadap sektor pariwisata dan perhotelan. Sehingga sektor pariwisata itulah yang harus ditingkatkan lebih jauh,” tuturnya.

Diakuinya perlu sebuah inovasi baru untuk mengembangkan sektor pariwisata Cipanas. Salah satunya dengan membuka kawasan wisata baru, serta kreativitas untuk mengkreasikan kawasan wisata yang ada.

“Seperti pengembangan desa wisata yang akan kami galakan, semisal di Desa Sindangjaya dan Cimacan dengan potensi Gunung Batu, dan Cibodas. Tentunya ini dengan menggalan potensi dan kearifan yang ada,” jelasnya.

Diakuinya pengembangan pariwisata tersebut sesuai visi dan misi Bupati Cianjur. Diharapkan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini sesuai program pemberdayaan masyarakat, demi peningkatan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Pola yang dibangun sendiri yakni komunikasi dan silaturahmi. Tentunya ini harus diiringi peran aktif masyarakat.

“Cipanas ini dikenal dengan wisatanya mari kita dorong bersama-sama pengembangan potensi Cipanas,” tukasnya.(dan)