Sudah Roboh, Baru Dibantu

TINJAU LOKASI: Camat Sukanagara, Dede Saputra bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbu) Kabupaten Cianjur melalui Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Agus Supiandi tinjau lokasi bangunan sekolah yang roboh.

RADARCIANJUR.com -Sekolah Dasar (SD) Ciwangi yang roboh karena sudah termakan usia di Desa Ciguha Kecamatan Sukanagara langsung ditinjau oleh Camat Sukanagara, Dede Saputra yang turut didampingi Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Agus Supiadi.

Peninjauan itu hasil dari laporan Camat Sukanagara ke pihak Disdikbud.

“Tadi (kemarin, red) saya menemui kepala sekolah dan kades serta ada juga dari Disdikbud yaitu Kabid Pendidikan Sekolah Dasar, memang bangunan itu sudah kosong sejak lama karena atapnya sudah rapuh,” ujar Camat Sukanagara, Dede Saputra.

Pengosongan ruang sekolah yang sebelumnya digunakan untuk ruang guru itu sudah setahun, karena ditakutkan roboh. Sudah setahun lalu Camat Sukanagara mengajukan bantuan, namun belum direalisasikan.

Tak hanya bangunan yang roboh saja, tapi bangunan yang sebelumnya digunakan untuk belajar pun kondisinya sama.
“Kita lihat juga ada satu ruangan lagi dengan kondisi yang sudah rapuh dan pihak sekolah pun sudah mengosongkan ruangannya,” papar Dede.

Saat ini, para murid dialihkan pembelajaran ke ruang perpustakaan hingga nanti sampai sudah direnovasi agar tidak terjadi apa-apa. Dede pun menambahkan, dirinya akan mendorong agar cepat terealisasikan bantuan dari Disdikbud agar murid SD Ciwangi bisa kembali belajar di ruang kelas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi menuturkan, dirinya langsung menugaskan Kabid SD dan itu sudah diusulkan serta tercantum untuk direhabilitasi di Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019.

“Sekolah itu sudah kita pantau sebelumnya dan kita imbau kepada pihak sekolah untuk tidak digunakan, selain itu juga sudah tercantum serta diusulkan untuk direhabilitasi di DAK 2019,” terangnya.

Sebelumnya, sekolah tersebut memang sudah akan direhab dengan antisipasi dan disarankan kepada pihak sekolah agar tidak digunakan.

Di Kabupaten Cianjur, terdapat 161 ruang kelas yang akan direhab dari DAK 2019. “Kita sudah antisipasi untuk merehab 161 ruang kelas di Kabupaten Cianjur termasuk SD Ciwangi ini,” tambahnya.

(kim)