Sah, Daftar Pemilih Tetap Cianjur Tahun 2019 Sebanyak 1.666.979 Orang

RADARCIANJUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur melaksanakan Rapat Pleno terbuka hasil rekapitulasi dan pentapan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) di aula KPU Cianjur.

Pada sidang pleno itu berhasil menetapkan jumlah pemilih tanpa ada rekomendasi penundaan dari Bawaslu.

Ketua KPU Cianjur Hilman Wahyudi mengatakan, sidang Pleno yang dilaksanakan berhasil menetapkan jumlah pemilih untuk Pemilu 2019.

“Sebelumnya Bawaslu dua hari yang lalu menyampaikan ada data yang mereka sampaikan untuk dicermati dan kita cermati sebagai tindak lanjutnya dan hasilnya seperti kita lihat hari ini sidang berjalan lancar meskipun banyak pertanyaan yang harus dijelaskan namun itu memperkuat apa yang kami lakukan,” katanya.

Hilman menjelaskan, dari hasil sidang Pleno DPHTP-2 kemarin, deketahui sebanyak 1.668.000.744 pemilih tetap. Namun setelah ada pencermatan menjadi 1.666.000.979. “Jadi ada pengurangan 1.765 orang dengan kategori ganda dan meninggal, dan sudah kami hapus,” jelasnya.

Hilaman mengatakan, yang lebih dominan itu data yang ganda akan tetapi ganda yang dimaksudkan karena elemen yang tidak lengkap dan harus dilengkapi.

“Jadi ganda yang dimaksud oleh Bawaslu kategorinya tidak sama dengan yang kami pahami. Jadi data dalam pandangan kami ada data yang betul-betul ganda NIK tapi ada juga karena kesalah penulisan ataupun elemen lain dari Identitas kependudukan yang harus diperbaiki dan kita hapus apabila menimbulkan kegandaan jadi yang direkomendasikan oleh Bawaslu lebih dari 8000 orang menjadi 1.765 orang,” pungkasnya.(dil)