Kemendagri Tunjuk Herman Suherman jadi PLT Bupati

Herman Suherman ditunjuk Kemendagri menjadi PLT Bupati. Foto : Fadil/Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pasca Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar jadi tersangka pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Cianjur, wakil bupati Cianjur Herman Suherman mengaku telah ditunjuk oleh Kemendagri sebagai Plt Bupati Cianjur setelah Irvan Rivano Muchtar ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait dugaan korupsi pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Cianjur tahun 2018.

“Hari ini, tadi pagi Mendagri telah menunjuk wakil Bupati sebagai Plt Bupati Cianjur “kata Herman (13/12).

Menurut Herman, pasca Bupati Cianjur terjaring Operasi Tangkap Tangan KPK, roda pemerintahan di Kabupaten tidak ternggu.

“Itu tidak menjadi kendala, roda pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya,”ujar Herman.

Sebelumnya diberitakan, tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Kabupaten Cianjur, Irvan Rivano Muchtar Rabu (12/12/2018).

KPK mendapat informasi akan ada penyerahan uang terkait dengan anggaran pendidikan di Cianjur. Setelah KPK lakukan pengecekan di lapangan, terdapat bukti awal adanya dugaan pemberian suap untuk Kepala Daerah.

KPK menduga uang tersebut dikumpulkan dari kepala sekolah untuk kemudian disetor ke Bupati. Sejumlah 6 orang yang diamankan itu terdiri dari Kepala Daerah, Kepala Dinas dan Kepala Bidang, dari unsur MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), dan pihak lain.

(dil)