APK tak Sesuai, Akan Ditindak Tegas

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR RAKOR: Suasana saat rapat koordinasi tahapan Pemilihan Legislatif dan Pemilu 2019 mendatang.

RADARCIANJUR.COM –  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pacet dan Cugenang menggelar Rapat koordinasi (Rakor) tahapan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Dalam kegiatan tersebut hadir Muspika Pacet dan Cugenang, serta Bawaslu Kabupaten Cianjur, Kamis (13/12).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur, Usep Agus Jawari mengatakan, Rakor yang digelar Panwaslu di dua kecamatan ini bertujuan dalam rangka mengoptimalkan ikhtiar untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

“Rakor ini dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur selama dua hari. Diharapkan kegiatan ini bisa lebih mengoptimalkan tahapan masa kampanye sekarang,” kata Usep.

Pada tahapan kampanye seperti saat ini, menurut Usep, Bawaslu dan tim dari Panwas tiap kecamatan, sudah memproses dari awal. Dan akan melakukan identifikasi ketika memang terjadi pelanggaran dari peserta Pemilu.

“Ada beberapa kategori saat tahapan kampanye ini. Mulai dari aspek penempatan, dan konten kampanye itu sendiri harus sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Menurutnya, Pemilu yang berintegritas adalah, yang bisa menjalankan tahapan Pemilu secara berkualitas. Artinya, semua proses pengawasan Pemilu serta pencegahan, dan penindakan ketika ada pelanggan, itu dilakukan sesuai aturan.

“Jadi ikhtiar kita semua dalam meningkatkan pengawasan pemilu, yakni mendorong secara aktif peran semua pihak untuk melakukan pengawasan disemua pelaksanaan tahapan pemilu legislatif dan presiden dan wakil presiden,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Pacet, Yudi Dharmawan mengatakan, mengenai tahapan kampanye tentang pengawasan alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan dari pengawasan di desa masing-masing, Panwaslu kecamatan akan terus berkoordinasi dan mengimbau kepada peserta pemilu.

“Diharapkan, dengan melakukan Computer Assisted Test (CAT) atau uji berbasis komputer, kami lebih bisa menjaga daripada menindak para peserta pemilu yang melanggar,” paparnya.

Ditambahkan Yudi, untuk di Kecamatan Pacet sendiri, mengenai APK masih banyak peserta pemilu yang di luar zona. Seperti di pohon, tiang listrik atau di tempat lain yang bukan peruntukannya.

“Untuk penindakan, bahwa nanti akan diadakan rakor kembali dalam penindakan APK. Jadi kami akan koordinasi dengan Polisi Pamong Praja. Ketika ada yang melanggar aturan, pihak Pol PP lah yang akan menertibkannya,” jelasnya.(dan)