Ada Tulisan Alfabet Sunda di Jalan Veteran Cianjur dan

RADARCIANJUR.COM – Veteran merupakan istilah untuk pejuang Republik Indonesia yang menjadi pahlawan membela kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam beberapa bulan ke belakang, Veteran kini dijadikan sebuah nama jalan di wilayah Cianjur Jawa Barat (Jabar). Uniknya lagi, karena Cianjur berbudaya sunda, maka di papan nama jalan tersebut terdapat alpabet tulisan sunda zaman dahulu kala yang kini dipakai.

Menurut Pemeharti Budaya Sunda, Abah Ruskawan menjelaskan, tulisan sunda dahulu yang berada di bawah papan nama jalan Veteran tersebut diakomodir kearifan budaya lokal yaitu budaya para warga sunda khususnya di Jabar.

Selain itu ia mengungkapkan, di setiap sudut tulisan alfabet sunda dahulu ini terdapat sebuah gambar dua kujang.

“Kenapa adanya kujang ini di tulisan karena kujang merupakan senjata para orang sunda,” terang Abah Ruskawan.

Ini pun akunya sudah mendapatkan persetujuan dari Bupati Cianjur untuk mengganti nama jalan tersebut dari nama sebelumnya.

“Dari nama asalnya Jalan Lingkar Timur menjadi Jalan Veteran. Hal tersebut pun sudah diputuskan oleh Bupati Cianjur pada 23 November 2015 dengan tujuan untuk menghormati Pejuang Veteran,” ucapnya.

Namun banyak sedikit orang yang tau bahwa batas Jalan Veteran dari mana hingga sampai mananya. Sama halnya seperti Hidayat (46), seorang tukang ojeg yang berada di lokasi Veteran saat itu.

“Tidak tau sampai mana ke mana batas Jalan Veteran, sebab Jalan Veteran ini terletak di perbatasan antara kecamatan Cianjur dan Cilaku,” kata Hidayat.

Jalan Veteran ini dari batas Jalan Perintis Kemerdekaan sampai mau masuk Jalan Pramuka, ya kira-kira panjangnya kurang lebih 12 Kilometer. Bahkan menurutnya, Jalan Veteran di Cianjur ini menjadi Jalan Veteran terpanjang di Jabar.

Ia pun mengharapkan kedepannya, mengharapkan bukan hanya nama Jalan Veteran yang memakai kata sunda dahulu kala.

“Tetapi jalan lainnya juga nanti pakai bahasa sunda yang aslinya. Berharap juga bukan hanya jalan, namun instansi, dewan, lembaga dan lainnya pun sama,” pungkas Abah. (may)