Cegah Kampanye Hitam

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR SOSIALISASI: Bawaslu Kabupaten Cianjur sosialisasikan kepada pemilih pemula, bagaiman memilih calon yang baik.

RADARCIANJUR.COM– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pemilih pemula, diikuti oleh perwakilan siswa dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Cianjur, dilaksanakan di Hotel Palace, Senin (17\12).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cianjur melalui Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Hadi Dzikri Nur menuturkan, sekitar 100 siswa SMA yang ada di Kabupaten Cianjur mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut. Hal ini guna membangkitkan kesadaran terhadap pentingnya hak untuk memilih, serta pencegahan adanya praktek kampanye hitam pada pemilihan umum (Pemilu) mendatang.

“Kami sampaikan juga beberapa regulasi tahapan kampanye baik itu yang sifatnya pidana, maupun etika. Agar kedepannya tidak melakukan pelaku pelanggaran. Dan kami pun memberikan gambaran terhadap apa bahayanya politik uang, guna keberlangsungan berbangsa kedepan,” paparnya.

Menurut Hadi, perlunya sosialisasi kepada para pemula ini, diharapkan bahwa para pemilih pemula ini kedepan bisa menjadi pemutus mata rantai kebiasaan politik uang yang sering terjadi di negeri ini. Dan khususnya Pemilu di Kabupaten Cianjur, bisa berjalan dengan baik.

“Kami pun menyampaikan bahwa jika mereka (Pemilih Pemula) dalam lingkungannya misalkan ada yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), diharapkan lebih berani melapor ke kami. Serta jika di lingkungan keluarganya ada dugaan praktek pelanggaran Pemilu juga bisa menjadi pemancar pengawas Pemilu untuk menginformasikan kepada kami,” katanya.

Sementara itu, salah satu murid SMA Negeri 1 Cianjur Kelas XII, Naila Ratu Dianti mengakui, kegiatan yang digelar Bawaslu sangat memberi pengetahuan baginya. Apalagi pemilu kali ini menjadi salah satu pengalaman pertama bagi Ratu Dianti.

“Tadi dijelaskan tentang seperti apa Pemilu yang baik, dan bagaimana caranya memilih calon yang baik, serta beberapa pengetahuan lainnya yang menjadi manfaat bagi saya,” tuturnya saat rehat acara sosialisasi Bawaslu.

Naila berharap, Pemilu mendatang bisa lebih aman, tertib, dan tidak ada unsur negatif pada pemilihan mendatang.

“Saya berharap sih, Pemilu nanti tidak ada money politik, atau kampanye hitam yang tadi sudah disebutkan dalam paparan Bawaslu. Semoga Pemilu ini berjalan lancar, dan baik,” tukasnya.(dan)