Akhir Tahun Stok Darah Aman

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com – Selama akhir tahun, ketersediaan kantong darah selalu dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya pasien rumah sakit yang ada di Kabupaten Cianjur. Rata-rata darah yang diperlukan yaitu darah segar dengan waktu kadarluarsa 3 x 24 jam.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur telah menyediakan sebanyak 2000 kantung darah yang ketersediaannya bisa hingga pertengahan Januari 2019.

“Tahun sekarang dengan tahun sebelumnya berbeda, saat ini ketersediaan cukup banyak sekitar 2000 an dan bisa sampai pertengahan Januari 2019,” ujar Kepala Markas PMI Kabupaten Cianjur, Heri Hidayat.

Yang perlu diketahui masyarakat, terkadang beberapa berpendapat stok kantong darah susah akan tetapi itu perlu dilihat dari komponen darahnya. Karena untuk darah tertentu hanya bisa dipakai dengan jangka waktu 3 x 24 jam seperti darah segar atau Whole Blood (WB) yaitu yang didapat langsung dari pendonor dengan trombosit tinggi.

Jika darah didiamkan melebihi waktu tersebut, maka kadar trombosit akan rendah.
Salah satu yang menjadi kendala mengenai ketersediaannya. Pasalnya tidak bisa digunakan untuk lebihd dari tiga hari.

Heri pun mengimbau kepada masyarakat dalam mengantisipasi hal tersebut diharapkan mengaktifkan kegiatan-kegiatan donor darah.

“Untuk mengantisipasi itu, kelompok-kelompok masyarakat diharapkan mengaktifkan kegiatan-kegiatan donor darah sehingga tidak terlalu fokus terhadap ketersediaan darah yang ada,” paparnya.

Setiap ketersediaan darah, sepenuhnya selalu langsung dipasok ke setiap rumah sakit yang membutuhkan seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang.

(kim)