Kendaraan Tak Layak Ditahan

Foto: Fadilah Munajat/Radar Cianjur PERIKSA KELAYAKAN: Petugas gabungan sedang memerikas angkutan umum di terminal Pasirhayam.

RADARCIANJUR.COM-Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur bersama Satlantas Polres, menggelar cek uji kelayakan terhadap kendaraan angkutan umum di terminal Pasir Hayam, (20/12).

Upaya mengecek kelayakan kendaraan ini meliputi rem, ban, dan onderdil serta peforma mesin kendaraan, demi memastikan penumpang aman dan selamat saat menumpangi kendaraan angkutan umum, jelang natal dan tahun baru 2019.

Saat uji kelayakan tersebut petugas, menemukan satu unit kendaraan antar kota antar provinsi yang tak layak operasi. Sejumlah penumpang terpaksa dialihkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan.

Selain itu, ditempat yang sama, BNNK Cianjur juga melakukan tes urin terhadap sopir bus yang ada di terminal Pasirhayam.

Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengatakan jelang natal dan tahun baru, penumpang angkutan umum akan mengalami lonjakan, sehingga armada angkutan harus layak.
“Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 intensitas penumpang dipastikan meningkat, sehingga diperlukan upaya antisipasi untuk menekan terjadinya kecelakaan lalulintas selama pelaksanaan hari besar,” katanya.

Soliyah mengatakan, pada kesempatan ini juga ada 15 orang pengendara angkutan umum yang dites urine.
“Hasil test urine semua sopir dinyatakan negatif dari konsumsi narkoba,” katanya.
Soliyah menambahkan, pada tahun 2018 ini angka kecelakan lalulintas di kabupaten Cianjur menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Alhamdulilah untuk tahun 2018 angka kecelakaan menurun drastis dibanding tahun 2016 dan 2017,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk kendaraan tiga perempat dengan rute Cianjur Selatan dari hasil pemeriksaan masih cukup baik, hanya saja dari surat-surat kendaraan dan Surat Ijin Mengemudi (SIM) supir yang sudah habis jangka waktunya dan dilakukan penilangan.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Angkutan Umum Pasirhayam Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Bambang Ribu Susilo Dalimunthe menuturkan, kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya menjelang Natal dan tahun baru.

“Pengecekan kendaraan umum yang menuju selatan, kedua bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang melintas dari Bandung ke Jakarta maupun sebaliknya kita cek kondisinya,” ungkapnya.(kim/dil)