Pabrik Aqua Cianjur Beri Edukasi Gizi dan Pengenalan Sayuran Sehat

Pabrik Aqua Cianjur memberi edukasi gizi dan pengenalan sayuran sehat kepada orangtua dan guru Paud sekitar Pabrik Aqua Cianjur di wilayah Kecamatan Gekbrong, Kamis (20/12).

RADARCIANJUR.com – Pabrik Aqua Cianjur memberi edukasi gizi dan pengenalan sayuran sehat kepada orangtua dan guru Paud sekitar Pabrik Aqua Cianjur di wilayah Kecamatan Gekbrong, Kamis (20/12).

Kegiatan itu dilakukan mengingat permasalahan terkait gizi di Indonesia masih cukup tinggi. Karena itu, Pabrik Aqua Cianjur yang menjadi bagian dari Danone Indonesia merasa peduli untuk berbagi ilmu edukasi gizi dan pengenalan sayuran sehat bagi orangtua dan guru Paud sekitar Pabrik Aqua Cianjur.

Menurut data WHO setiap orang direkomendasikan untuk mengkonsumsi minimal 400 gram buah dan sayuran per harinya. Di Indonesia Meraturan Menteri Kesehatan (Pemenkes) RI no.42 Tahun 2014, tentang penerapan gizi seimbang merekomendasikan konsumsi buah dan sayur mencakup 50 persen dari satu kali porsi makan.

Health and Nutrition Manager Danone, Alwan mengatakan, bahwa edukasi gizi dan pengenalan sayuran sehat yang dilaksanakan di GOR Pabrik Aqua Cianjur melibatkan orang tua dan guru Paud dari Desa Gekbrong dan Cikahuripan.

“Dua desa itu yang kita sasar, karena memang kepedulian kita untuk masyarakat sekitar pabrik,” katanya.
Menurutnya, edukasi tersebut menyasar kepada ibu-ibu, karena seorang ibu yang biasanya menentukan makanan yang akan diasajikan dirumah.

“Apabila ibu-ibu mengetahui dengan benar apa yang akan disajikan, tentunya anak-anaknya tidak kurang gizi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan gizi yang baik tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal, karena semua sumber gizi ada di sekeliling kita.

“Ikan ada di sekitar kita, sayuran ada di sekitar kita, dan buah-buahan ada disekitar kita. Kalau ibu tahu apa yang harus dimakan tentu dia bisa memilih makanan mana yang akan diambil, sehingga asupan gizi bagi anaknya bisa terpenuhi,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada edukasi ini Pabrik Aqua Cianjur menghadirkan ahli gizi dari Puskesmas Gekbrong, Danone Aqua serta Ahli mengolah masakan.

“Selain itu, disajikan juga sayuran-sayuran yang penanamanya melalui binaan pabrik Aqua Cianjur yang lebih sehat, karena meminimalkan penggunaan zat kimia dalam proses menanamnya menggunakan pupuk organik,” pungkasnya.

(dil)