Pengawas Pemilu Harus Konsisten

RADARCIANJUR.COM– Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur Usep Agus Jawari mengatakan, institusinya akan fokus pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan organisasi badan pengawas pada pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 mendatang. Usep mengakui Bawaslu dan jajarannya akan menghadapi tugasnya tersebut sesuai aturan yang berlaku.

“Tentu ini pekerjaan yang akan terus kami laksanakan. Tentunya harus siap dengan sarana SDM dan pengelolaan keuangan, guna menciptakan peran serta Bawaslu yang lebih maksimal,” ujar Usep Agus Jawari.

Usep menjelaskan, Pemilu 2019 nanti, akan menghadapi beberapa keadaan yang harus ekstra serius. Dimulai dari Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang diselenggarakan secara serentak menjadi tugas bagi Bawaslu dan seluruh unsur yang lain.

“Tahapan Pemilu serentak 2019 akan segera dimulai. Menghadapi itu, kita punya tiga tugas, yakni pengawasan, ajudikasi, dan penindakan pelanggaran ketika memang terjadi. Inilah tugas Bawaslu secara umum,” jelas ketua Bawaslu.

Dalam rangka penguatan SDM pengawas, lanjut Usep, pihaknya akan melakukan bimbingan teknis-bimbingan teknis yang simultan dan dan lebih aplikatif kepada semua jajaran pengawas pemilu. Tak hanya bimtek, kata dia, pengawas TPS akan diberikan penguatan pengawasan.

“Semua unsur yang ada di Bawaslu, mulai dari petugas dari tingkat atas hingga pengawas TPS, kami akan terus berkoordinasi. Sehingga proses Pemilu ini bisa berjalan sesuai harapan, dan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Dikatakan Usep, bahwa peningkatan kapasitas ini sebagai salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Cianjur untuk meningkatkan kinerja semua lini, dalam segi SDM, dan pelaporan keuangan.

“Melalui peningkatan kapasitas SDM ini, diharapkan pengawas Pemilu akan sigap, konsisten, percaya diri, dan menjadi inspirasi dalam pencegahan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” pungkasnya.(dan)