Jalur Puncak Ditutup Total

CIANJUR-Menghadapi tahun baru 2019, peningkatan arus lalulintas diperkirakan akan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut disebabkan banyaknya wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di Cianjur, khususnya di wilayah Cipanas.

Dalam mengantisipasi pelambungan arus lalulintas, Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Cianjur telah mempersiapkan 86 personilnya untuk melakukan pengaturan serta pengamanan arus lalulintas.

“Kita sudah melakukan kordinasi dengan Polres Bogor semenjak terjadinya retakan di Rindu Alam, Puncak kita melarang kendaraan roda empat lebih terutama sumbu tiga,” ujar Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Cianjur, AKP Adhimas Sriyono Putra.

Ada lima titik yang dikhawatirkan menjadi sumber kemacetan seperti pertigaan Hanjawar, pertigaan Cibodas, pertigaan Sate Maranggi dan Pasar Ciranjang.

Penguraian kemacetan akan dilakukan dengan memasang water road barrier dan juga tolo-tolo agar tidak terjadi pelambungan kendaraan.

“Untuk di wilayah Pasar Ciranjang pada jam sibuk, kita akan memasang water road barrier atau tolo-tolo agar tidak terjadi pelambungan-pelambungan kendaraan di masing-masing jalur dan jika itu dirasa kurang kita akan coba melakukan contra flow,” paparnya.

Sementara untuk di wilayah puncak, dirinya tetap melakukan koordinasi dengan Polres Bogor dalam buka tutup jalur dan melakukan penguraian kepadatan kendaraan.

Pada malam tahun baru nanti, tepatnya 31 Desember 2018 pada pukul 18.00 WIB akan dilakukan penyekatan untuk roda empat di bunderan Tugu Lampu Gentur dan pada pukul 21.00 penyekatan dilakukan secara total di Rumah Makan Bumi Aki sehingga semua kendaraan tidak bisa melintas menuju Puncak.

“Bagi masyarkat yang tetap ingin menuju Puncak masih akan disediakan kendaraan khusus yang difasilitasi berkat kerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Selain itu, Satlantas Polres Cianjur pun menyiapkan kantong-kantong parkir di beberapa tempat seperti di Kampung Brasco, Bumi Aki dan sekitaran jalan Cibodas.

“Kepada masyarakat yang ingin memarkirkan kendaraan, kita menyediakan kantong-kantong parkir yang telah disediakan agar tidak mengganggu arus lalulintas,” terangnya.

Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mentaati peraturan lalulintas, memperhatikan kesehatan dan kondisi kendaraan serta perlu diperhatikan bagi roda empat yang memarkirkan kendaraan dengan kondisi jalan menanjak agar tidak lupa menarik rem tangan.(kim)