Jelang Akhir Tahun, Wisatawan Melonjak

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR MELONJAK: Sejumlah tempat wisata di Cipanas mulai dikunjungi wisatawan, itu akan meningkat drastis hingga akhir liburan.

RADARCIANJUR.COM-Lonjakan wisatawan diprediksi akan terus meningkat drastis saat libur Natal dan Tahun Baru nanti. Karena itu, para pelaku wisata di Cipanas bersama masyarakat ditekankan untuk menjaga lingkungan.

Kepala Seksi Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cipanas, Ade Nuroddin menuturkan, wilayah Cipanas sudah ternama dengan areal wisatanya. Sehingga jelang akhir tahun akan terjadi lonjakan wisatawan.

“Makanya bagi para pelaku usaha wisata baik hotel, resort, vila, ataupun para pedagang wajib menjaga keamanan, ketertiban, serta kenyamanan para wisatawan,” jelasnya.

Ade menuturkan, anggota Satpol PP akan membantu kepolisian/TNI dalam melakukan operasi khusus. Nantinya, para anggota Pol PP ikut menjaga situasi agar berjalan kondusif.

“Kami akan siagakan anggota 1×24 jam untuk menjaga jelang Natal dan tahun baru,” terangnya.

Ditambahkannya, para anggota Satpol PP akan dikerahkan patroli, demi meningkatkan kenyamanan wisatawan di kawasan Cipanas.

“Jika semua berjalan lancar, wisatawan bisa semakin antusias ke Cipanas dan aktivitas perekonomian masyarakat bisa meningkat,” ungkap Ade.

Pihaknya menegaskan, setiap titik keramaian khususnya di tempat wisata harus ditingkatkan kebersihan. Penataan wajib dilakukan setiap pelaku usaha dan masyarakat jangan sampai Cipanas terlihat kumuh.

“Cipanas masih jadi favorit wisatawan, terbukti libur panjang kemarin kunjungan wisatawan ramai. Makanya kami akan siaga jelang libur akhir tahun,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk anak jalanan (Anjal) mereka akan ditertibkan. Saat ini proses pembinaan pun tengah dilakukan.

“Namun kadang-kadang anjal dan pengemis ini membandel. Kami mengharapkan dinas terkait bisa ikut membantu, agar citra pariwisata Cipanas ini bisa terangkat dengan bebas dari pengemis dan anak jalanan,” pungkasnya.(dan)