Turis Arab Serbu Cianjur

Turis Arab di Cianjur

RADARCIANJUR.com – Kemunculan turis asing asal timur tengah yang saat ini terus menjamur di lokasi pariwisata wilayah Cianjur Utara, seperti di Kecamatan Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi diperkirakan hadir pada sejak lima tahun silam.

Kepindahan destinasi wisata para turis asing tersebut, selain tertarik oleh lokasi dan tempat-tempat wisata di Cianjur, juga momen liburan seperti saat ini.

“Karena adanya momen dan tempat wisata yang lebih elok di Utara ini, makanya banyak turis Arab khususnya yang tinggal di Kota Bunga,” ungkap salah satu pengamat turis asal timur tengah di Kecamatan Cipanas, Herman.

Sejak itulah, kata Ujang, para wisatawan asing tersebut banyak yang tertarik dan hingga saat ini jumlah kunjungannya terus bertambah. Tak hanya itu, menurutnya saat ini juga marak pertokoan dan restoran berbau timur tengah di wilayah Cianjur Utara.

“Sekarang sudah banyak berdiri restoran dan toko-toko yang menyediakan beragam kebutuhan turis asing tersebut,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kota Bunga saat ini terus diramaikan para turis asing khususnya orang timur tengah. Kepada penyedia villa di kawasan tersebut, diakui Ujang, biasanya mereka membayar paket terhadap penyedia villa.

“Misalnya paket 15 hari, dengan biaya yang sudah disesuaikan itu berikut dengan juru masak, sopir, dan biaya guider,” tuturnya.

Menurutnya, kedatangan turis asal timur tengah itu sudah terjadwal alias mempunyai agenda. Agenda tersebut di antaranya sesudah bulan puasa dan menjelang tahun baru seperti sekarang ini.

“Kalau bukan bulan itu, biasanya turis asing tidak banyak paling hanya belasan orang,” katanya.

Selain mereka yang berwisata, warga timur tengah itu juga dikatakannya tidak sedikit yang mencari suaka. Pasalnya, pada beberapa wilayah di timur tengah kerap terjadi konflik.

“Tidak sedikit mereka yang datang juga merupakan imigran gelap. Mereka yang negaranya sedang dirundung perang, di sini biasanya mencari nafkah atau mulai mencari penghidupan. Di antaranya mereka membuka toko, ataupun restoran,” pungkasnya.

(dan)