Kejari Musnahkan Barang Bukti Kejahatan

FOTO:Fadilah Munajat/Radar Cianjur DIHANCURKAN: Sejumlah barang bukti kejahatan sedang dimusnahkan di halaman Kejari Cianjur.

RADARCIANJUR.COM-Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur memusnahkan barang bukti jenis narkoba dan senjata tajam dari perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah), Rabu (26/12). Barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari kasus selama tahun 2018.

Pemusnahan barang bukti narkoba tersebut dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB di halaman Kejari Cianjur dengan cara dibakar, sementara barang bukti sejata tajam dimusnahkan dengan cara dihancurkan dengan mesin pemotong.

Kepala Kajari Cianjur Yudhi Syufriadi mengatakan, jenis barang bukti yang dimusnahkan pada tahun ini diantaranya, ganja 1.801,9157 gram, sabu-sabu 178,9381 gram, alfazolam 50 butir, tramadol 10.477 butir, serta sejumlah barang bukti lainya.

“Terlaksananya pemusnahan barang bukti tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Cianjur, guna menghindari penumpukan barang bukti yang ada di Kejari Cianjur,” ujarnya.

Selain itu, adapun barang bukti berupa delapan motor dihibahkan ke SMK untuk digunakan dalam praktik di sekolah tersebut. “Motor ini tak boleh dipakai apalagi dijual, karena kepala sekolah bisa dipidana. Motor ini hanya dipergunakan untuk praktik siswa di laboratorium sekolah,” kata Yudhi.

Yudhi mengatakan, kegiatan pemusnahan barang bukti merupakan agenda kejaksaan untuk mengeksekusi barang bukti yang sudah inkrah dan mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Jadi ada tiga jenis barang bukti, pertama dirampas untuk negara, dirampas untuk dimusnahkan, dan dikembalikan kepada pemilik,” ujar Yudhi.(dil)