Stasiun KA Cianjur Banjir Penumpang, Lonjakan Penumpang Hingga 70 Persen

FOTO:Hakim/Radar Cianjur PADAT: Masyarakat Cianjur yang berlibur lebih memilih menggunakan kereta api agar lebih cepat aksesnya dan murah biaya.

RADARCIANJUR.COM-Musim libur sekolah dan juga tahun baru, dimanfaatkan betul masyarakat dengan berbondong-bondong menghabiskan waktu berlibur ke berbagai tempat wisata, seperti halnya masyarakat Kabupaten Cianjur.

Pada musim liburan kali ini, masyarakat lebih memilih moda transportasi kereta api (KA). Selain murah, aksesnya tanpa hambatan.

Dari hasil pantauan Radar Cianjur, Stasiun Kereta Api Cianjur hingga pukul 15.15 WIB para penumpang sudah memadati stasiun untuk membeli tiket. “Musim liburan seperti saat ini ada lonjakan penumpang, okupansinya dari 50 hingga 70 persen berbeda dari hari biasanya hanya sekitar 300 penumpang namu kalau sekarang hingga 500,” ujar Kepala Stasiun Kereta Api Cianjur, Narizal.

Bahkan, dari 636 tiket yang dijual masih ada penumpang yang tidak kebagian untuk membeli. Stasiun KA Cianjur pun membuka penjualan tiket tiga jam sebelum keberangkatan, karena masyarakat sudah banyak yang mengantri.

Dengan pelonjakan penumpang, dirinya pun lebih meningkatkan kepada pelayanan guna kenyamanan penumpang. “Kami hanya meningkatkan pelayanan saja, karena untuk penambahan tiket itu di luar dari standar operasional dan yang terpenting masyarakat tetap nyaman serta aman menggunakan kereta api,” paparnya.

Selain itu, penumpang yang kebanyakan pelajar dan mahasiswa mengharapkan rute menuju Bandung bisa terealisasikan. Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung tengah mengupayakan agar jalur menuju Bandung bisa cepat dilalui.

Diharapkan tahun depan bisa digunakan oleh masyarakat, “Hingga tahun depan kita masih lakukan pembenahan jalur ke arah Bandung, karena banyak dari pelajar dan mahasiswa yang mengharapkan jalur tersebut bisa diaktifasi kembali,” jelasnya. (kim)