Dekranasda Harus Kreatif dan Inovatif

FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR DIRESMIKAN: Plt Bupati Cianjur Herman Suherman saat meresmikan Dekranasda Cianjur.

RADARCIANJUR.COM- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Cianjur harus lebih kreatif dan berinovasi, sehingga kegiatan Dekranasda akan lebih menggeliat dan berkembang lagi. Hal itu disampaikan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan saat meresmikan Cianjur Craft Dekranasda 2018 pada Kamis (27/12) di Pacet.

“Kami akan dukung sepenuhnya Dekranasda kedepan, baik dari segi anggaran maupun yang lainnya. Namun jangan sampai seperti itu-itu saja,” kata Herman.

Bagi pengurus dekranasda harus punya program yang lebih baik, dari segi apapun. Baik program jangka panjang ataupun jangka pendek.

“Saya sampaikan ke semua pihak khususnya Dekranasda Cianjur, agar semakin bagus mempromosikan kerajinan-kerajinan dan potensi yang ada di Cianjur,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan, kegiatan ini merupakan program yang akan terus dilaksanakan.

“Sebenarnya beberapa tahun lalu acara Dekranasda seperti ini nggak aktif, ya kita adakan lagi baru tahun ini,” ungkapnya.

Diharapkan kedepan, kegiatan seperti ini jadi ajang meningkatkan perekonomian, serta acara rutin yang digelar di tiap tahunnya. Pasalnya para pengrajin di Cianjur itu banyak sekali.

“Kami harapkan nanti ke depannya ingin memberdayakan lingkungan setempat dulu. Seperti di wilayah Cugenang ini, agar menjadi pengembangan wisata edukatif yang lebih besar,” tuturnya.

Ditambahkan Himam, kerjasama dengan berbagai pihak haruslah ditingkatkan. Seperti dengan instansi sekolah, pusat pembuatan kerajinan, dan seluruh para pelaku usaha. Agar setiap kerajinan yang ada di Cianjur bisa lebih meningkat.

“Akan dibuatkan program jangka pendek di tahun 2019 nanti. Kami rangkul seluruh pelaku usaha yang memiliki potensi tinggi di beberapa wilayah Utara misalnya,” kata Imam.

Dengan begitu, lanjut Himam, menjadi langkah awal yang akan meningkatkan daya saing produk lokal dan membangun masyarakat agar bisa menghargai dan membeli produk-produk lokal.

“Diharapkan bisa meningkatkan program-program Dekranasda ke depan. Disamping itu, harus melakukan konsolidasi antara Dekranasda dengan para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Cianjur. Supaya para pengrajin di Cianjur bisa lebih sejahtera,” pungkasnya.

(dan)