Pameran Bonsai Tingkatkan ekonomi

PENILAIAN: Sejumlah dewan juri sedang menilai kontes pohon bonsai, salah satu penilaian dilihat dari keindahan pohon bonsai.

RADARCIANJUR.com – Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Cianjur menggelar pameran sekaligus kontes pohon bonsai di Lapangan Brimob Cipanas, Sabtu (29/12).

Sebanyak 221 peserta yang ada di sejumlah daerah se-Jawa Barat maupun luar jawa ikut serta dalam pameran dan kontes bonsai tersebut.

Ketua PPBI Cabang Cianjur, sekaligus Ketua Panitia Acara, Emus Sopian mengatakan, kegiatan ini merupakan program PPBI untuk mengangkat para petani bonsai dan penghobi pohon seni.

“Alhamdulillah kalau dilihat dari peserta, sudah lebih dari target nasional,” ujarnya.

Menurutnya, selain sebagai hobi dengan menggeluti bonsai, tidak jarang juga menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Karena tanaman berbentuk unik tersebut bisa bernilai mencapai ratusan juta rupiah.

“Pohon bonsai bisa dijadikan sebagai aksesoris keindahan rumah maupun lingkungan. Karena sekarang bonsai bukan hanya kebutuhan dalam negeri, bahkan luar negeri,” kata dia.

Maka dari itu, dengan digelarnya acara seperti ini, diharapkan setelah terpilihnya juara kontes ini, PPBI Cianjur menjadi barometer kegiatan dan pohon bonsai yang dikenal paling baik oleh kota-kota lain.

“Hal ini juga bisa sebagai ajang adu kreativitas ilmu dan pengetahuan tentang pohon bonsai. Imajinasi mereka ke pohon bonsai lebih kental,” ujarnya.

Adapun dewan juri yang dihadirkan itu lima orang. Terdiri dari juri nasional dari Kota Jakarta, Bandung, dan daerah lain yang sudah diakui sebagai ahli bonsai.

“Rencana kedepan, setiap tiga bulan sekali akan digelar pameran dan kontes bonsai, sedangkan tingkat regional setahun sekali. Dan sejauh ini sudah ada 3.800 anggota PPBI yang ada di Cianjur, termasuk pendukung pembuat pot bonsai,” katanya.

(dan)