Antisipasi Kondisi Darurat

SIAGA: Sejumlah tim medis dari Puskesmas Sukanagalih tengah siap siaga mengani penanganan kesehatan sepanjang liburan. FOTO: DADAN SUHERMAN/ RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com – Sejumlah tim medis di beberapa puskesmas wilayah Cianjur Utara membantu penanganan kesehatan sepanjang liburan. Hal tersebut guna mengantisipasi kondisi darurat di lapangan, khususnya di beberapa titik rawan lalu lintas.

Kepala Puskesmas Sukanagalih Pacet, Agus Suhendar mengatakan, tim medis yang disiagakan selama 24 jam terdapat di beberapa titik. Terutama yang diutamakan ditempatkan di jalur-jalur utama yang mengalami peningkatan volume kendaraan dan pengunjung malam tahun baru.

“Ada titik-titik khusus dan mayoritas ada di pusat keramaian. Pelayanan akan tetap maksimal sepanjang waktu libur,” kata Agus.

Hal itu dilakukan, untuk memastikan pengendara yang melintas di jalur protokol Cipanas tetap nyaman dan sehat. Pasalnya, pelayanan kesehatan apapun akan dilayani oleh tenaga medis.

“Kami berharap perjalanan liburan pun tetap aman bagi para pengendara. Maka dari itu, beberapa puskesmas juga akan menurunkan personil dengan maksimal selama liburan berlangsung,” jelasnya.

Ia mengatakan, seluruh tenaga medis akan siaga di pos pengamanan bersama instansi lainnya. Diantaranya di Pos Pam Seger alam puncak, Cikanyere depan alam Sunda, Simpang mariwati, Pegadaian Pacet, dan Leuwi bungur cikalong.

“Kami juga siaga di pos pelayanan yang berada di Kota Bunga, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara,” tambahnya.

Pelayanan kesehatan didominasi oleh pengecekan ringan yang tidak merenggut nyawa hingga kondisi kesehatan pengendara yang menurun.

“Memang difokuskan pada titik-titik tertentu. Lokasi-lokasi itu yang tingkat kunjungannya biasanya tinggi, jadi pasti dimaksimalkan di sana,” pungkasnya.

(dan)